• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

150 Pengembang Teknologi dari Berbagai Daerah Ikuti Hackathon Pintar 1.0 di Banyuwangi

29 March
19:45 2019
4 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi : Sebanyak 150 orang pengembang teknologi ambil bagian dalam kompetisi untuk mencari solusi dan mengakselerasi kinerja UMKM dan pariwisata di Banyuwangi dalam ajang Hackathon Pintar 1.0, Jumat (29/3/2019).

Kompetisi tersebut merupakan kolaborasi dari Pemkab Banyuwangi dengan startup teknologi ritel Warung Pintar, untuk mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kinerja pariwisata dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), melalui aplikasi yang mudah diakses masyarakat.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ajang Hackathon Pintar merupakan wujud pemerintahan kolaboratif, karena di era saat ini, tak bisa lagi pemerintah daerah berjalan sendiri, sehingga harus kolaborasi, dengan beberapa generasi milenial yang cukup sukses, menjadi motor diera digital.  

”Hackathon ini kalau di pemerintahan semacam Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang. sehingga kita ajak anak-anak muda urun solusi lewat teknologi, apa sih yang mereka tawarkan dan rencanakan untuk meningkatkan kinerja pariwisata dan UMKM,” ujar Bupati Anas.

Menurut Anas, ajang Hackathon Pintar akan menjadi acara rutin, jika pada penyelenggaraan pertama temanya UMKM dan pariwisata, nanti ada Hackathon Pelayanan Publik, mencari ide segar layanan warga, hingga invonasi lainnya.  

”Kita akan bikin hackathon seri berikutnya, kalau sekarang UMKM dan pariwisata, nanti ada Hackathon Pelayanan Publik, Hackathon Anggaran Publik untuk mencari terobosan pengelolaan APBD yang makin akuntabel,” tambah Azwar Anas.

Dalam dunia teknologi, hackathon adalah ajang pengembangan teknologi untuk tujuan tertentu, diajang Hackathon Banyuwangi ini, para pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras berkolaborasi, mulai pemrogram komputer, desainer grafis, hingga desainer antarmuka, untuk menciptakan teknologi bagi pengembangan UMKM dan wisata.

Dari 150 peserta dari berbagai daerah seperti Surabaya, Bali, Jember, Banten, Malang, Bandung, dan Balikpapan, yang tergabung dalam 50 tim tersebut, dan akan dipilih menjadi 3 pemenang yang bisa menawarkan solusi paling tepat untuk UMKM dan pariwisata, dan pemenanya akan mendaptkan hadiahnya Rp 30 juta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00