• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Ketua DPR: Sekeras Apapun Persaingan Pemilu Harus Berujung Aman dan Damai

28 March
18:35 2019
5 Votes (4.4)

KBRN, Jakarta: 20 hari lagi bangsa Indonesia akan merayakan pesta demokrasi, Pileg dan Pilpres serentak 2019. Sejak tanggal 24 Maret sampai 13 April, tahapan pemilu memasuki masa kampanye rapat umum dan kampanye di media massa.

"Suatu tahapan yang paling ditunggu-tunggu oleh para konstentan pemilu untuk meyakinkan 192 juta pemilih mengapa mereka layak untuk dipilih," ujar Ketua DPR, Bambang Soesatyo dalam pidato penutupan masa sidang 2018-2019 di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Tetapi disisi lain, kata politikus Golkar ini, kampanye rapat umum juga mengandung potensi kerawanan karena melibatkan massa dalam jumlah yang besar.

Oleh karena itu, selaku Pimpinan Dewan, dirinya menaruh harapan yang besar kepada semua pasangan calon dan peserta pemilu untuk bisa menjaga diri.

"Semua pasangan calon dan peserta pemilu tentu ingin meraih kemenangan, tetapi hendaknya kemenangan itu diraih dengan cara-cara yang taat asas, edukatif, serta tetap menjunjung etika politik yang berkeadaban," terangnya.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengungkapkan, Pemilu 17 April merupakan ujian bagi demokrasi Indonesia. Sejarah pemilu Indonesia selama ini selalu berjalan damai.

"Sekeras apapun persaingan dalam pemilu dan pilkada, tetapi selalu berujung dengan aman dan damai," tuturnya.

"Sekali lagi,  jika kita lolos melaksanakan Pemilu serentak ini dengan damai, maka Indonesia akan dicatat dengan tintas emas oleh dunia sebagai negara dengan demokrasi yang matang," tambahnya.

Bahkan, kata Bamsoet,  dengan tingkat kemajemukan bangsa dan kerumitan pemilu yang luar biasa, Indonesia akan menjadi pendatang baru sebagai kampium demokrasi di dunia.  

"Karena itu, Pimpinan Dewan berharap kepada KPU dan Bawaslu untuk benar-benar menjadi penyelenggara dan pengawas pemilu yang profesional," tegasnya.

Untuk TNI dan Polri, mantan Ketua Komisi III DPR ini, diharapkan tetap bisa menciptakan suasana aman dan damai sampai tahapan pemilu nanti berakhir.

"Lebih dari pada itu, kantor-kantor pemerintah tidak boleh terganggu dan tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00