• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Gempa Bumi Tektonik 6,3 SR Guncang Kota Ternate dan Beberapa Kota di Sulut

24 March
13:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ternate : Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan 6,3 pada Skala Richter (SR) pukul 13.37 WIT mengguncang Kota Ternate dan Mayau Batang Dua serta Jailolo Halmahera Barat juga beberapa kota di Sulawesi Utara.

Gempa yang terjadi itu berada pada lokasi 1.68 Lintang Utara 126.37 Bujur Timur 139 kilometer Barat Laut Jailolo Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa yang terjadi itu dirasakan cukup kuat di Ternate dan sempat mengagetkan warga Kota Ternate yang sementara beristirahat di rumah.

Kepala Stasiun Geofisika Ternate Kustoro Hariyatmoko ketika dilkonfirmasi RRI usai gema mengakui, gempa bumi tektonik yang terjadi itu merupakan gempa menengah akibat aktivitas subduksi ganda lempeng di Laut Maluku yang saling bertumbukan sehingga mengeluarkan energi dan tidak berpotensi tsunami.

”Gempa ini merupakan aktivitas subduksi lempeng di Laut Maluku dan tidak berpotensi tsunami,” Ungkap Kustoro Hariyatmoko.

Gempa yang terjadi tersebut lanjut Kustoro Hariyatmoko, di Ternate yang dirasakan cukup kuat di bagian Utara, Jailolo dan Weda III MMI serta Pulau Mayau Batang Dua IV MMI.

Sementara beberapa daerah di Sulawesi Utara seperti di Manado, Bitung dan Tondano III – IV MMI serta Tahuna, Siau, Tagulandang dan Bolaang Uki II – III MMI.

Sampai saat ini sesuai hasil monitoring dari BMKG tidak menunjukan adanya gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, tetapi selalu memperoleh informasi resmi dari institusi yang berwenang. Disamping itu selalu mengikuti arahan dari pemerintah terutama BPBD setempat.

Sampai berita ini dipublish belum diperoleh adanya kerusakan ataupun korban jiwa dari gempa tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00