• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Padi Turun Drastis, Para Petani Padi di Jember Menangis

23 March
10:21 2019
2 Votes (4)

KBRN Jember : Ribuan Petani Padi di Jember Jawa Timur menangis karena harga Padi turun signifikan dan Petani mengalami kerugian pada panen raya kali ini. 

Slamet, salah satu Petani Padi Desa Karangsemanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember Jawa Timur menjelaskan jika harga Padi jenis Logawa hasil panenya sulit sekali dijual dan tidak ada Tengkulak yang mau membelinya dan jika ada yang mau membeli akan tetapi dengan harga hanya Rp 3.000 dalam setiap kilonya. Sedangkan harga padi Logawa pada panen raya tahun yang lalu bisa mencapai Rp 4.000. Dengan kualitas bagus dan kondisi Kering Sawah (KS). Harga padi dengan jenis selain Logawa saat ini hanya bisa laku terjual di Tengkulak dengan harga Rp 4.000 untuk setiap kilo dengan kondisi Kering Sawah (KS) sedangkan jika pada tahun yang lalu bisa mencapai kisaran harga Rp 4.500 dalam setiap kilo. 

Sementara itu, hal yang sama juga dikatakan Petani Padi Desa Karangsemanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember Kuseno, dalam setiap hektar saat ini para petani bisa membawa uang hanya 20 juta rupiah kemudian dipotong biaya produksi termasuk sewa lahan mencapai 20 juta sehingga petani saat ini mengalami kerugian. 

Jika pada tahun yang lalu para Petani padi bisa membawa uang mencapai 30 juta Rupiah. Saat ini ribuan Petani sangat berharap agar Pemerintah turun tangan dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Para penebas Padi di sawah saat ini juga banyak yang mengalami kerugian dan tidak sedikit mengembalikan rencana pembelian padi milik petani yang sudah terlanjur dibeli karena mengalami kerugian sehingga terjadi kekacauan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00