• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Ratusan Pelajar Putri Cimahi, Ikuti Penyuluhan Reproduksi

21 March
20:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi ; Ratusan pelajar putri dari SMP, SMA dan SMK di Kota Cimahi mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja di Aula Gedung B Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Harjakusumah Cibabat Kota Cimahi,Kamis(21/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut, mendapatkan materi tentang pola hidup bersih dan sehat, juga materi cara menghindari penggunaan narkoba dan seks bebas.

"Kesehatan reproduksi remaja putri akan terus mendapatkan perhatian dari pemerintah kota Cimahi, guna mencetak calon ibu yang sehat dan siap melahirkan keturunan yang sehat dan berkualitas," ungkap Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr. Dikke Suseno kepada RRI, Kamis (21/3/2019).

Menurut Dikke, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu, dimaksudkan untuk membekali para remaja putri tentang kesehatan reproduksi wanita, sekaligus pemberian vitamin A.

"Mereka harus dipersiapkan mulai sekarang agar menjadi Ibu Yang Sehat Bugar atau Geuliswan, salah satunya dengan meminum tablet vitamin A, untuk tambah darah agar terhindar dari penyakit Anemia atau kekurangan darah,"ujarnya.

Kekurangan darah bagi kaum perempuan calon ibu kata Dikke, dapatbmenyebabkandampak kepada bayi seperti kekurangan berat badan, stunting, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi ibu maupun bayinya.

Menyinggung angka kematian ibu dan bayi di Kota Cimahi, dr.Dikke Suseni menjelaskan, walaupun kematian ibu dan bayi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan, pihaknya tetap memberikan penyuluhan kepada para remaja putri agar mereka selalu menjaga kesehatannya.

"Selain masalah reproduksi, para remaja putru ini juga harus tahu bahayanya penyalahgunaan narkoba dan seks bebas, karena bisa menimbulkan penyakit termasuk HIV/Aids juga hamil diluar nikah," tandas Dikke.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00