• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sektor Eksternal Membaik, BI Pertahankan Suku Bunga 6 Persen

21 March
20:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 20-21 Maret 2019, memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 6 persen.  Begitu pula dengan suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

“Keputusan ini konsisten dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal perekonomian, khususnya untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dalam batas aman, dan mempertahankan daya tarik asset keuangan domestik,”  jelas Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dalam keterangan pers hasil RDG BI di Jakarta,Kamis (21/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Perry juga mengatakan, nilai tukar rupiah cenderung menguat seiring dengan membaiknya sektor eksternal.

“Sampai tanggal 19 Maret 2019, rupiah menguat 1,05 persen secara point to point dan 0,85 persen secara rerata. Penguatan nilai tukar rupiah didukung oleh aliran masuk modal asing yang cukup besar ke pasar keuangan domestik,” lanjut Perry.

Dari data BI, sampai akhir bulan Februari 2019, aliran masuk modal asing tercatat sebesar 6,3 milliar dollar AS.

“Ke depan, dengan membaiknya sektor eksternal , Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah akan bergerak stabil sesuai nilai fundamentalnya dengan mekanisme pasar yang tetap terjaga baik,” tukas Perry.

Untuk memperkuat stabilitas eksternal dan mendorong pertumbuhan ekonomi, Gubernur BI Perry Warjiyo menegaskan, kordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait juga harus dipererat, khususnya dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan, mendorong permintaan domestik, mendorong ekspor, pariwisata dan aliran modal asing.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00