• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Rumah Di Kabupaten Kediri Terendam Banjir

21 March
20:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Hujan deras yang mengguyur Kediri mengakibatkan tanggul sungai di Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, jebol hingga ratusan rumah terendam banjir dan menimpa rumah di Kecamatan Papar, terjadi di Dusun Tawangrejo dan Dusun Bulurejo Desa Papar, Kecamatan Papar, Kamis (21/3/2019) dini hari, dengan ketinggian air yang bervariasi.

Untuk Dusun Tawangrejo jumlah 265 Kepala Keluarga, meliputi 4 RT dan 1 RW,  Dusun Bulurejo jumlah  203 Keluarga, meliputi, 4 RT dan 1 RW. Lalu, Dusun Bulurejo rumah yang terdampak langsung dan air masuk ke rumah warga ada 50 rumah. Berdasar pantauan dilapangan pagi sampai saat ini, air belum surut. 

Adapun tanggul yang jebol terjadi di Dusun Tlanak, Desa Ngampel sepanjang 5 Meter, dengan tinggi 1 Meter dari sungai sekunder Mejono Bangi dan tanggul jebol di sungai sekunder mojolegi sepanjang 15 Meter.

Dan, tinggi airnya pun bervariatif, mulai dari Dusun Tawangrejo ujung sebelah timur antara 20 cm sampai 40 cm pada ujung sebelah barat.

Tinggi air di Dusun Bulurejo ujung sebelah timur 20 cm pada ujung sebelah barat mencapai 80 cm.

"Guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan BPBD Kabupaten Kediri melakukan  observasi di lapangan, sehingga pada dini hari tadi 14 orang telah dievakuasi, terdiri dari 5 KK ke lokasi yang lebih aman, di kantor kelurahan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mengupayakan langkah penanganan kebutuhan warga yang terdampak banjir, mulai dari kebutuhan makanan hingga kelengkapan pakaian dan kebutuhan hidup sehari hari.

"Ada Dua hal yang menjadi perhatian kami, 1 adalah penanganan warga terdampak banjir. Yang kedua, penanganan tanggul yang jebol. Begitu air sudah surut, kami akan langsung melakukan perbaikan pada tanggul yang rusak," tukas Randy.

Sementara, Tim BPBD Kabupaten Kediri mendirikan posko di salah satu rumah warga yang tidak terdampak. Namun, lokasinya berdekatan dengan lokasi banjir agar dapat cepat melakukan pengawasan dan tindakan jika diperlukan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00