• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Situs 'Dalem Pojok' Kediri Masuk 10 Besar Desa Adat Se-Jatim

21 March
17:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Kampung Adat Kebangsaan di Kabupaten Kediri, kini berhasil masuk 10 besar, dalam Seleksi Desa Adat di Jawa Timur. 

"Lokasi ini, tepatnya berada di Situs Persada Soekarno, Dalem Pojok, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri," kata Pengelola Situs Dalem Pojok, Kushartono, di Kediri, Kamis (21/3/2019).

Dia mengatakan, bahwa seleksi ini dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur. Yang mana, ada 10 desa di Jawa Timur, yang dalam proses pengajuan menjadi Desa Adat.

Sejumlah daerah ini, rinci dia, di antaranya Kemiren di Kabupaten Banyuwangi, Argosari di Lumajang, Wonokitri di Pasuruan, dan Ngadisari di Probolinggo.

"Ada pula, Ngadas di Malang, Samin di Bojonegoro, dan Desa Pojok di Kediri," katanya.

Yang mana, tambah dia, tahapan seleksi di Desa Pojok Kediri, karena di kawasan ini kerap kali diadakan beragam agenda penting. Seperti halnya diskusi sejarah, peringatan Hari Besar Nasional hingga kirab budaya, yang diikuti masyarakat umum sampai pemerhati budaya dan sejarah Bangsa Indonesia.

"Berbagai acara ini digelar, untuk kembali mengingatkan masyarakat, terutama kalangan pemuda agar selalu bersatu, meskipun ada perbedaan bahasa, suku bangsa, dan budaya," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, daerah lain yang juga lolos seleksi di Tingkat Provinsi Jatim, misalnya Sumenep, Trenggalek, hingga Desa Sendang Dhuwur di Lamongan.

Terkait dengan pengajuan, Situs Dalem Pojok Kediri sebagai Desa Adat Kebangsaan, hal ini ikut dipicu nilai sejarah yang kental di kawasan tersebut. Lantaran, objek wisata ini memiliki histori sebagai Rumah Masa Kecil, Presiden RI Pertama, Soekarno, atau dikenal, Bung Karno.

Dia pun berharap, agar Kampung Adat Kebangsaan di Kediri bisa lolos seleksi. Dengan cara inilah maka ke depan, keberadaan Situs Dalem Pojok, Persada Soekarno, bisa membanggakan masyarakat Kediri dan sekitarnya.

Sebelumnya, pada tanggal 10 Maret 2019, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP), Prof Hariyono, sempat berkunjung ke Situs Dalem Pojok, Kediri. Di area ini, pihaknya turut memberi apresiasi terhadap kiprah Desa Pojok tersebut.

"Apresiasi ini kami berikan,  karena di desa tersebut terdapat kampung kecil yang sarat dengan adat-adat kebangsaan," katanya.

Hariyono menyampaikan, di Kampung Adat Kebangsaan ini terdapat Situs Dalem, yang sering mengelar upacara dan pagelaran seni budaya, yang dihadiri berbagai tokoh lintas agama guna menguatkan karakter nasionalis kebangsaan. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00