• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Rakornas BPKP, JK: Pengawasan Penting, Pencegahan Lebih Penting

21 March
17:23 2019
4 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah yang langsung dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bagi seorang Jusuf Kalla, pentingnya sebuah pengawasan juga harus diikuti oleh pentingnya pencegahan itu sendiri karena jika saja terjadi hal yang tidak diingikan dalam pengawasan maka sudah membawa ke dalam situasi sulit.

"Karena itulah maka saya sependapat bahwa pemeriksaan penting tapi lebih penting lagi pencegahannya. Karena tanpa pencegahan akan sulit," jelasnya saat pembukaan Rakornas BPKP 2019 di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

"Ini semua tentu menjagi bagian daripada cara kita mengawasi sehingga akuntabiliti, transparansi menjadi bagian bagi kita semua," tambahnya.

Rakornas yang diadakan sejak tahun 2015 ini memberikan tema baru pada 2019. Tema itu adalah "Penguatan APIP dalam Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan yang Berkualitas". Tentunya tahun 2019 adalah tahun terakhir RPJMN 2015-2019 sehingga harus mengoptimalkan pencapaian target-target pemerintah sesuai Nawacita sekaligus memersiapkab RPJMN periode berikutnya.

Prestasi antara sinergi APIP dan para pihak terkait telah mengukir beberapa prestasi di berbagai sektor seperti penguatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), peningkatan kualitas laporan keuangan, peningkatan kapabilitas dan kapasitas APIP, serta membantu proses akuntabilitas keuangan dan pembangunan desa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00