• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Taman Budaya Kalsel Siap Menggelar Lomba Bapundung

21 March
16:40 2019
0 Votes (0)

KBRN Banjarmasin : Setelah sukses melaksanakan Workshop Bapandung, Taman Budaya Kalsel akan melaksanakan Lomba Bapandung di bulan Mei mendatang.

Bapandung adalah salah satu seni teater tradisional dari Kalimantan Selatan yang hampir punah.

Menurut Rafidian Naufal seniman dari Tapin, teater Bapandung berupa monolog yang menggunakan bahasa Banjar, namu Bapandung berbeda dengan bercerita bahasa Banjar.

"Kalau bercerita pemain condong sebagai objek penikmat kisah sedangkan Bapandung lebih ke seni keterampilan bercerita seperti menirukan tingkah laku seseorang dan sebagainya.

"Pemain Bapandung disebut juga pandung, seorang Pandung pun bebas ingin menampilkan apa hanya saja harus sesuai dengan situasi dan kondisi, "kata Rafidian Naufal di Banjarmasin Kamis (21/3/2019).

Sementara itu Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti mengatakan, bulan Mei mendatang pihaknya melaksanakan Lomba Bapandung yang pesertanya merupakan mereka yang sudah mengikuti workshop bulan lalu.

Dalam kegiatan workshop bapandung tersebut para peserta baru tahu ada kesenian langka Bapandung.

"Taman budaya ingin mengangkat bapandung dalam kegiatan lomba selain workshop agar pengetahuan mengenai Bapandung lebih dalam, "ungkap Suharyanti.  (Juns) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00