• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Peringati HTBS, Kader PKK di Sumedang Ikuti Lomba Penyuluhan TBC

21 March
15:43 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang : Sebanyak 26 orang Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kab. Sumedang ikuti Kegiatan Lomba Penyuluhan Tuberkulosis (TBC) di Aula kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang, (21/3/2109).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Sumedang, dr. Reny Kurniawati Anton mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka peringatan Hari Tuberculosis Sedunia (HTBS) yang biasa diperingati setiap 24 Maret.

"Lomba penyuluhan kader PKK digelar atas kerjasama antara PKK kabupaten dengan Dinkes Sumedang yang mana, peringatan HTBS kali ini mengusung tema, Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya," ujarnya. 

Melalui kegiatan itu, pihaknya berharap, para kader PKK dilapangan lebih piawai lagi dalam pemaparan terkait TBC pada masyarakat dan apa yang disampaikan para kader lebih dipahami serta tepat sasaran.

"Penilaian dalam lomba penyuluhan kader ini meliputi, kesesuaian tema, judul, dan isi pidato. Lalu, penilaian sistematika pembawaan mulai dari pembukaan, isi dan penutup. Selanjutnya, penguasaan materi, vokal, artikulasi dan intonasi serta ketepatan waktu," katanya.

Hasilnya, imbuh Renny, terdapat 6 orang kader yang meraih juara dalam kegiatan itu, yakni peraih juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3.

"Untuk harapan ke 3 di raih oleh kader asal kecamatan Cibugel, ke 2 diraih kader Pamulihan dan harapan ke 1 oleh kader dari Sumedang Utara," tuturnya.

Kemudian, terang Renny, juara ke 3 diraih oleh kader asal kecamatan Jatinangor, juara ke 2 diraih kecamatan Paseh dan juara 1 diraih kecamatan Sukasari.

"Para kader peraih juara akan diganjar sejumlah hadiah dan piagam penghargaan berupa, cinderamata dan hadiah menarik lainnya," ujar Reny.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00