• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kabupaten Bima Masuk Penetapan KLB Rabies

21 March
13:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bima : Setelah Kabupaten Dompu dan Sumbawa ditetapkan menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Rabies, kini Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, juga masuk dalam daftar tersebut.

Kabupaten Bima, merupakan kabupaten terdekat dengan kabupaten Dompu, yang lebih dulu ditetapkan menjadi daerah dengan KLB serangan Rabies.

Kepala Dinas Peternakan kabupaten Bima, Abdollah mengatakan, penetapan Kabupaten Bima masuk dalam daerah KLB Rabies itu, ditetapkan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Dalam petikan surat Menteri Pertanian RI melalui surat nomor 223/KPTS/PK.3 20/M/3/2019 tanggal 18 Maret 2019 menetapkan status situasi wabah penyakit hewan rabies di Pulau Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat, termasuk didalamnya Kabupaten Bima.

“Menteri Pertanian dalam suratnya menyatakan, menetapkan dengan status wabah penyakit hewan rabies di Pulau Sumbawa tersebut perlu dilakukan respon cepat dan pemberantasan di daerah wabah,” katanya, Kamis (21/3/2019).

Di kabupaten Bima, terutama kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Dompu, terdapat kasus gigitan anjing pada manusia per 18 Maret 2019 sebanyak 57 orang. Sementara jumlah anjing yang menggigit sebanyak  46 ekor.

Untuk mengatisipasi dampak gigitan tersebut, Dinas Peternakan sudah melakukan pemberihan Vaksin Anti Rabies (VAR) pada 48 orang dengan Serum Anti Rabies (SAR) sebanyak 4 orang. 

“Sampel otak positif Rabies 5 ekor, 4 di Sanggar, 1 di Madapangga dengan negatif 31 ekor sisanya masih menunggu hasil pemeriksaan 10 sampel,” tambahnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan vaksinasi rabies sebanyak 500 ekor, di kecamatan Sanggar, Donggo dan Madapangga. Mengacu pada Laporan terkini Disnak dan Keswan Kabupaten Bima, gigitan anjing tersebar di menyebar pada 24 desa pada 10 Kecamatan yaitu Sanggar, Donggo, Madapangga, Bolo, Soromandi, Woha, Ambalawi, Langgudu, dan Lambu dan Tambora. 

"Tambora termasuk wilayah beresiko tinggi karena berbatasan dengan Dompu dengan Sanggar", pungkasnya.

  • Tentang Penulis

    Mujtahidin

    Reporter RRI / KBRN wilayah Bima, Dompu dan Kota Bima, NTB.// WA:0813-5362-5075// email:mujtahidin@rri.co.id.// didin74dompu@gmail.com// twitter//: @didin_rri// Telegram : @didin_rri_Mataram.//

  • Tentang Editor

    Waddi Armi

    Redaktur Puspem 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00