• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinas Kesehatan Papua Buat Klaster Penanganan Korban Banjir Bandang

21 March
13:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giay mengatakan tim Kesehatan telah membuat beberapa klaster dalam penanganan korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura. Tujuannya agar pelayanan kesehatan berjalan cepat dan tepat sasaran. 

Ia menyebutkan, klaster pertama yakni penyediaan farmasi dan logistik tangkap darurat sehingga ketersediaan obat – obatan tetap tersedia. Kemudian, lanjutnya, klaster pelayanan kesehatan agar semua rumah sakit baik Provinsi maupun Kabuoaten dan lintas sektor bisa menampung para korban jika ada hal – hal yang tidak diinginkan,

“Kami juga menyediakan klaster bidang P2P pengendalian penyakit, baik yang dibawa maupun yang muncul. Ada juga tim kesehatan lingkungan, misalnya penyediaan air bersih MCK, MCK Mobile, termasuk klaster gizi penanganan khusus bagi ibu anak selain dari masyarkat yang lain,” jelasnya, Kamis (21/3/2019). 

Selain itu, katanya, ada juga sub klaster identifikasih jenazah yang difokuskan di  rumah sakit bayangkara. Lalu klaster survei jalan untuk meminimalisir penyakit – penyakit  yang biasa hingga penyakit bawaan ataupun yang baru muncul agar bisa segera ditangani.

Aloysius menambahkan, ada sejumlah korban banjir bandang yang terkena ISPA, diaer dan beberapa penyakit lainnya. Sedangkan untuk penyakit parah pihaknya belum mendapatkan laporan.

“Kami akan melakukan elvaluasi juga dengan stakeholder lainnya yang bergerak di bidang kesehatan untuk mengetahui jika ada hal – hal yang terjadi diluar posko-posko utama ini, sehingga jangan sampai ada keluhan-keluhan tersebut di luar posko,” tuturnya. 

Lanjutnya pihaknya juga telah menyiapkan dua tenda darurat jika diperlukan bagi korban untuk menjalani rawat inap. Tenda pertama, katanya, digunakan untuk pemeriksaan lebih dalam setelah dilakukan pemeriksaan awal, lalu tenda kedua digunakan untuk rawat inap.

“Tim medis juga tetap melakukan pemeriksaan rutin kepada para korban banjir bandang ini dan kami kerahkan seluruh tenaga medis sampai hari ini serta  bersama beberapa rumah sakit untuk siaga,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00