• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

KPK Periksa Perdana 3 Orang TSK Suap Seleksi Jabatan Kemenag

21 March
10:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan akan periksa 3 orang tersangka dalam kasus suap terkait dengan seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama tahun 2018-2019.

Ke 3 orang tersebut adalah Muhammad Romahurmuziy (RMY), Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ), dan Haris Hasanuddin (HRS).

"Ketiganya diperiksa sebagai tersangka" kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah (21/3/2019).

Penjadwalan pemeriksaan ini merupakan pemanggilan pemeriksaan perdana untuk ke tiga orang tersangka dalan kasus ini, setelah selurunya ditetapkan sebagai tersangka.

Seperti yang diketahui dalam kasus ini KPK telah menetapkan 3 orang sebagai tersangka yaituanggota DPR periode 2014-2019 dan Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy (RMY), diduga sebagai tersangka penerima suap.

Dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ), serta Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin (HRS) yang diduga sebagai tersangka pemberi suap.

Dalam kasus ini KPK menduga Romi bersama-sama dengan pihak Kementerian Agama RI menerima suap untuk mempengaruhi hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi di Kementerian Agama RI, yaitu Kepala Kantor Kemenag Kab Gresik dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur.

Pada akhir tahun 2018, diumumkan proses seleksi secara terbuka melalui “Sistem Layanan Lelang Jabatan Calon Pejabat Pimpinan Tinggi”. Pada pengumuman tersebut, salah satu jabatan yang akan diisi adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Tersangka Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik dan tersangka Haris juga mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur .

Diduga sebelumnya telah ada komunikasi dan kesepakatan pembagian fee diantara ketiga tersangka terkait hal ini, guna pengurusan proses lolos seleksi jabatan di Kementerian Agama RI.

L

KPK menduga Romi menerima uang senilai Rp 300 juta dengan rincian dari tersangka Haris sebesari Rp 250 juta dan tersangka Muafaq sebesar Rp 50 juta.

Uang tersebut diduga untuk mempengaruhi dan memproses seleksi jabatan tinggi di Kementerian Agama guna kedua tersangka tersebut mendapatkan jabatan yang diinginkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00