• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Jabar akan Tampil di Festival Wonderful Indonesia 2019 di Stockholm, Swedia

20 March
21:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Provinsi Jawa Barat akan mengirimkan wakil-wakil seni dan budaya terbaiknya dalam Festival Wonderful Indonesia yang akan diadakan di Kungstradgarden, Stockholm, Swedia, tanggal 26-27 Juli 2019 mendatang.

“Kami akan menampilkan yang terbaik, sehingga masyarakat Swedia tidak hanya dapat menikmati tapi juga terpesona dengan seni dan budaya Jawa Barat,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam pertemuannya dengan Dubes Bagas di Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019).

Dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, Dubes RI untuk Swedia, HE. Bagas Hapsoro bertemu dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Bagas meminta agar Jabar dapat berpartisipasi dalam event tahunan tersebut.

“Saya merasa gembira dengan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Festival Wonderful Indonesia tahun ini. Event ini merupakan kegiatan terbaik untuk menunjukkan keberagaman dan keeksotisan budaya Indonesia dalam bentuk tari, musik, dan penampilan kesenian tradisional lainnya,” ujar Dubes Bagas. 

Dalam kesempatan terpisah, Dubes Bagas juga bertemu dengan Saung Angklung Udjo untuk meminta partisipasi mereka pada Festival Wonderful Indonesia 2019. Saung Angklung Udjo terkenal dengan penampilan angklung. 

Angklung adalah alat musik yang dibuat dengan cara menyatukan pipa-pipa bambu dalam sebuah kerangka bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan. 

Saung Angklung Udjo terkenal dengan penampilan permainan angklung yang non-konvensional, bahkan menggabungkan dengan penampilan alat musik modern, seperti drum dan gitar listrik. 

Taufik Maulana, salah satu anggota penampil di Saung Angklung Udjo menyampaikan kebanggaannya bahwa angklung telah dikenal oleh berbagai negara di dunia dan mereka siap untuk menyebarkan keunikan langsung lebih jauh lagi. 

Festival Wonderful Indonesia di Kungsträdsgården, Stockholm, telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. Pada tahun 2018, festival tersebut menyedot perhatian lebih dari 25.000 pengunjung dari Swedia dan turis-turis internasional. 

Pada tahun 2018, festival tersebut menampilkan Saung Angklung Udjo, demonstrasi memasak oleh William Wongso, pameran foto tempat-tempat wisata di Indonesia, dan penampilan kesenian tradisional lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00