• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Niatan Sandi Uno Terkait e-KTP, Ini Penegasan Wapres JK

19 March
19:55 2019
2 Votes (3)

KBRN, Jakarta : Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan ide awal pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sebagai social security number dengan tujuan mempermudah seluruh warga dalam mengakses berbagai kebutuhan sehari hari.

Pada e-KTP tertanam chip yang merekam data setiap orang. Selanjutnya data tersebut dapat disinkronkan untuk kepentingan semua pelayanan, seperti kesehatan, perbankan, pendidikan dan lain-lain.

Hal tersebut ditegaskan Jusuf Kalla menanggapi adanya niatan (wacana) calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno yang ingin mempergunakan e-KTP untuk kebutuhan sehari-hari dalam pemaparannya saat debat ketiga Pilpres 2019.

"Ide awalnya seperti itu, ide awalnya E-KTP itu merangkap sebagai social security number. Dan juga bukan hanya kesehatan, bisa untuk urus sim, untuk urus macam-macam," tutur Wapres Jusuf Kalla dalam jumpa pers mingguan kepada Radio Republik Indonesia (RRI) dan awak media lainnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Akan tetapi, JK mengakui penggunaan e-KTP untuk berbagai urusan terhambat oleh teknologi di Indonesia yang belum mumpuni. "Jadi secara teknis bisa, karena di situ ada chipnya, tinggal diisi, tapi mungkin teknologi kura masig belum cepat ke situ, ya KTP saja masih ketinggalan apalagi mau diisi segala macam isinya di situ. Pemilu saja ya masih kurang, tapi di situ intinya KTP elektronik itu untuk supaya sebagai salah satu one singgle id dan bisa secara teknis. Dan memang di situ niatnya," ungkap JK.

Memang sebelumnya, Sandiaga sempat mewacanakan saat debat ketiga pilpres 2019 yang sekaligus, saat itu melihat penggunaan banyak kartu untuk mengakses berbagai program pemerintah justru akan menjadi beban bagi masyarakat luas dan negara.

"Ya kami sampaikan bahwa rakyat sudah terbebani dengan begitu banyak kartu dan pasti ada birokrasi, ada biaya, ada beban negara," kata Sandiaga kepada wartawan usai debat ketiga pilpres, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Sandiaga Uno menilai masyarakat hanya perlu e-KTP untuk mengakses semua program pemerintah dalam mendapatkan pelayanannya sehari-hari.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00