• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Pengamat: Jika Memang Dipilih, Suharso harus Membuat Kepercayaan kepada Publik dan Pengurus

19 March
18:47 2019
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan pengganti Ketua Umum Romahurmuziy pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang rencananya akan diselenggarakan Rabu (20/3/2019) hingga Kamis (21/3/2019) di Bogor, Jawa Barat.

Dalam Mukernas tersebut, Suharso Monoarfa bakal dikukuhkan sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum.

Pengamat Politik Universitas Sriwijaya Palembang, Adrian Saptawan menilai Mukernas besok diprediksi akan alot karena ada hubungannya dengan citra PPP.

"Jadi seandainya pengganti dari Rommy itu orang yang kuat misalnya Kyai, mungkin itu bisa menyelamatkan PPP tapi kalau seandainya yang menggantikan itu tidak bisa merangkul semua pengurus itu bisa berbahaya," jelasnya kepada Pro3 RRI, Selasa (19/3/2019).

Menurutnya, ada baiknya untuk mensoloditaskan, jikalau Suharso yang naik, maka Suharso harus membuat kepercayaan kepada pengurus hinnga ke bawah, bahwa ini adalah suatu keadaan darurat sehingga AD/ART sedikit terabaikan.

"Yang paling utama adalah menyelesaikan konflik internal di PPP, karena PPP ini setelah terpecah dengan kelompok-kelompoknya kan di bawah itu tidak semuanya menyatu ke Rommy pasti ada orang-orang Suryadharma yang megang jabatan di PPPnya," tambahnya.

Maka dari tersandungnya kasus OTT dari Rommy membuat elektabilitas PPP dinilai berkurang dalam pemilihan nanti, sebab dikatakan Adrian 40 persen pemilih milenial sudah melek politik.

"Jadi memang ada goncangan dari dalam, mungkin untuk pemilih yang setia tidak terpengaruh cuma ada juga kepercayaan yang agak berkurang," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00