• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Pemprov Jateng Dukung Congrock Lestarikan Musik Keroncong

16 March
22:50 2019
3 Votes (5)

KBRN, Semarang : Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mengapresiasi Grup Musik Congrock 17 dari  Semarang  yang mengkolaborasikan musik keroncong dengan musik rock, sebagai upaya mengenalkan kesenian musik daerah di era milenial. Kolaborasi kesenian musik keroncong dan rock yang diusung grup musik Congrock 17, merupakan salah satu inovasi mempertahankan kebudayaan asli daerah.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah selaku Ketua Seni Budaya Nusantara, Sri Puryono ketika menghadiri pagelaran musik ''Kebangkitan Keroncong Indonesia II'' di Taman Indonesia Kaya, Semarang, mengapresiasi inovasi yang dilakukan grup congrock 17 untuk mempertahankan kebudayaan asli indonesia.

Menurutnya, perpaduan musik keroncong dan rock merupakan upaya yang harus didukung, sebagai wujud mengenalkan musik keroncong kepada generasi milenial.

Sementara itu, pengkaderan musisi keroncong telah masuk kurikulum sekolah melalui ekstra kurikuler pilihan. Kedepannya, jika memungkinkan akan dijadikan ekstra kurikuler wajib.

“Kita lihat hasil Kebangkitan Keroncong Indonesia II, jika memungkinkan tidak ada salahnya mengenalkan musik keroncong sejak bangku sekolah,” imbuhnya, Sabtu (17/3/2019).

Meski demikian, untuk kesenian daerah lain seperti karawitan, menyanyikan tembang Jawa telah menjadi kewajiban bagi siswa di Jawa Tengah.

“Upaya Pemprov Jawa Tengah, untuk melestarikan kesenian asli daerah, yakni dengan mewajibkan Siswa SD dan SMP bisa menyanyikan lagu Jawa dan kesenian karawitan,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00