• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Kejuaraan Terbuka Bola Voli Garuda Yaksa 2019 Akan Dijadikan Sebagai Ajang Penyeleksian Pemain Potensial Menuju PON Papua

16 March
21:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon: Sebagai persiapan jelang Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) yang diagendakan pada tahun ini, berbagai cabang olahraga (cabor) di Maluku melakukan sejumlah persiapan termasuk bola voli. Hal ini terlihat dari pelaksanaan Kejuaraan Terbuka atau Open Tournament Bola Voli Garuda Yaksa 2019 tingkat provinsi yang disponsori oleh salah satu tokoh masyarakat Maluku Hendrik Lewerissa.

Perwakilan Litbang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku Stewart Tuapatinaya kepada RRI Sabtu sore (16/3/2019) mengatakan, bahwa Maluku sangat minim dalam pelaksaaan kejuaraan atau turnamen voli. Keadaan ini tentu tidak menguntungkan mengingat tahun 2019 merupakan tahun digelarnya berbagai kejuaraan nasional (kejurnas) Pra-PON. Oleh karenanya, Tuapatinaya berharap bahwa Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) maluku akan memanfaatkan momen Kejuaraan Terbuka Garuda Yaksa ini untuk menjaring pemain voli terbaik dari berbagai daerah di Maluku.

“Pada prinsipnya PBVSI Maluku sangat terlambat dalam hal persiapan menuju Pra-PON tapi dengan adanya kejuaraan ini kita dapat melihat dan memantau atlit – atlit yang sangat potensial untuk mewakili Maluku, ujar Tuapatinaya saat menghadiri laga final Kejuaraan Terbuka Bola Voli Garuda Yaksa di Pattimura Park.

Sementara itu terkait peta kekuatan dalam persaingan pemain potensial yang dimiliki oleh tim peserta kejuaraan, Tuapatinaya menilai semua tim meiliki kesempatan yang sama. Menurut salah satu pelatih Bola Voli senior Maluku ini, semua tim memiliki beberapa pemain baik yang dapat menjadi pilihan PBVSI Maluku untuk membentuk tim Pra-PON.

“Saya kira semua tim punya sejumlah pemain yang potensial, tidak ada tim tertentu yang lebih dominan dibanding tim lain dalam memiliki pemain potensial”, jelas Tuapatinaya.

Digelar sejak dua pekan lalu, Kejuaraan Terbuka Bola Voli Garuda Yaksa 2019 kini telah berakhir. Partai final untuk kelas putra mempertemukan wakil Kota Ambon, ClubASSC melawan Club Lusdowan dari Tual yang dimenangkan oleh ASSC. Untuk kelas putri mempertemukan wakil Ambon ESC melawan HSSC dari Piru di Seram Bagian Barat yang dimenangkan HSSC.

Turnamen Garuda Yaksa sendiri diikuti oleh 47 tim yang terdiri dari 13 tim putri dan 34 tim putra. Turnamen ini juga disebut sebagai turnamen termegah karena memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 140.000.000 (NAL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00