• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Grup Dangdut Asal Amerika Sihir Mahasiswa dan Dosen Universitas Mercu Buana

16 March
16:00 2019
1 Votes (5)

KBRN  Jakarta : Musik dangdut ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja. Musik ini ternyata juga banyak diminati oleh warga di Amerika. Bahkan, seorang profesor musik membuat grup band dangdut yang diberi nama Dangdut Cowboys. 

Grup band yang digawangi oleh sang vokalis, Andrew N Weintraub, yang juga seorang profesor musik di University of Pittsburgh, Stephen Schultz pada seruling, John Bagnato pada gitar, Samuel Boateng pada keyboard, dan Meghan Hynson pada vokal ini, mampu menyihir ratusan mahasiswa dan dosen Universitas Mercu Buana di Gedung Tower UMB, Meruya, Jakarta Barat, Jumat (15/3/2019).

Mereka antusias berjoget dan ikut menyanyikan sejumlah lagu hits milik legenda dangdut Indonesia, Rhoma Irama, seperti Bujangan, Kegagalan Cinta, dan Terajana. 

Dangdut Cowboys mengaku terinspirasi dengan musik dangdut Indonesia. Band yang berdiri sejak tahun 2007 ini diinisiasi oleh alumni dan mahasiswa pasca-sarjana dari Fakultas Pitt dan CMU USA.

"Grup band ini mengkolaborasi genre musik dangdut dengan rock country, blues, dan reage," ungkap Prof Weintraub. 

Meski asli keturunan Amerika, lidah Prof Andrew dan Megan, sangat fasih bernyanyi. Bahkan, cengkok khas dangdut pun terdengar jelas dari mulut keduanya.

Menurut dia, orang-orang Amerika tidak akan mengerti lirik yang dinyanyikan. Namun, mereka sangat menikmati dan dibuat terkesima dengan alunan musik dangdut yang kaya akan instrumen musik.

"Soal arti, mereka tidak paham. Karena perlu mempelajari budaya dan asal usulnya dulu, baru paham. Tapi mereka menikmati musik dangdut, di sana banyak penggemarnya," tutur pria yang melakukan penelitian dangdut pada 2007 lalu. 

Dangdut Cowboys sendiri sudah manggung di beberapa kota di Amerika seperti Pittsburgh, New York, hingga Washington DC.

Sementara di Indonesia, Dangdut Cowboys sudah menyambangi beberapa kota seperti Probolinggo, Medan, dan Jakarta. 

Saat ditanya siapa penyanyi favoritnya, Andrew menyebut Haji Roma Irama.

"Favorit saya Roma Irama karena dia sudah menciptakan lebih dari 700 lagu, dan hingga saat ini, lagunya tetap eksistensi dinyanyikan masyarakat," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00