• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Relawan Bravo 5 Bertugas Counter Berita Hoax Soal Jokowi

16 March
15:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Bravo 5 Jawa Tengah bertekad untuk memenangkan pasangan Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo dan KH. Maaruf Amin dalam pemilu 2019 nanti. Adapun target yang diusung yakni sebesar 75 persen suara dari jumlah Daftar Pemilih Tetap di Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini terungkap dalam Rakorda Pelantikan dan Deklarasi Bravo 5 Wilayah Pantura Untuk Pemenangan Jokowi-Maaruf Amin, di Semarang, Sabtu (16/3/2019).

Dalam acara tersebut ratusan purnawirawan yang tergabung dalam relawan Bravo 5 se Pantura Jawa Tengah, mendeklarasikan diri untuk memenangkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo dan KH. Maaruf Amin. Dalam deklarasi tersebut mereka sepakat untuk melaksankan pendekatan yang baik kepada masyarakat, salah satunya memberikan penjelasan terhadap sejumlah berita yang salah seputar kepemimpinan capres petahanan Joko Widodo.

“Melalui pendekatan secara langsung ke masyarakat dengan cara meng-counter berita Hoax seputar kinerja Calon Petahanan Joko Widodo,” kata Ketua Bravo 5, Jenderal Purnawirawan Fachrul Razi, disela-sela acara.

Menurut Fachrul Razi, Bravo 5 memiliki tujuan untuk membangun iklim demokrasi yang sehat diantara dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden kepada masyarakat diantara perbedaan tersebut.

Dalam kesempatan ini pihaknya juga mengatakan saat ini kegiatan Bravo 5 untuk memenangkan paslon no urut satu dalam pilpres 2019 nanti sudah berjalan.

“Tujuan kita adalah memberikan iklim demokrasi yang sehat ditengah masyarakat. Ingat meski ada perbedaan tapi persatuan tetap mesti diutamakan. Kita turun ke masyarakat kita sampaikan dan kalau ada hoax soal pak Jokowi kita klarifikasi. Namun kalau mereka tetap memiliki pilihan sendiri, ya ndak papa, yang penting pendidikan demokrasi ini mesti berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selain mengklarifikasi berita hoax, salah satu tugas lain dari Bravo 5 adalah untuk meminimalisir angka swing voter dalam pemilu 2019, apalagi dari survey dilapangan angka swing voter cukup tinggi.

“Soal pemilih bimbang ini tetap akan kita rangkul apalagi dari data menunjukan pemilih galau ini memiliki data yang meningkat. Belum lagi warga yang pindah memilih tetap mesti kita himbau agar mengurus surat pindah memilih supaya masih bisa mencoblos,” jelas Razi.

Sampai saat ini setiap anggota relawan Bravo 5 diwajibkan untuk ikut mensosialisasikan ke masyarakat untuk mengingatkan pemilu 2019 yang dilaksanakan 17 April 2019 nanti.

“Kita juga berambisi untuk mempertipis angka masyarkat yang tidak perpartisipasi dalam gelaran pemilu nanti. Ingat jika pemilu itu menentukan nasib bangsa 5 tahun kedepan, sehingga warganya juga mesti ikut berpartisipasi,” ungkap Dia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00