• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

STIE AUB Konsultasikan Penyebutan Gelar Baru dalam Permenristekdikti

16 March
15:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Regulasi sistem Pendidikan Tinggi yang terus dikembangkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) harus selalu diupdate seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE AUB) Surakarta Dr. Agus Utomo kepada wartawan usai Upacara Wisuda bagi 407 lulusan Perguruan Tinggi AUB yang berlangsung hari ini Sabtu (16/3/2019)  di Gedung Garuda Graha kampus setempat.

Dikatakan, sebagai Perguruan Tinggi yang ingin memberikan layanan terbaik baik mahasiswanya, pihaknya komitmen untuk mematuhi regulasi dalam rangka  mencapai standart nasional baik bidang pendidikan maupun penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dr. Agus Utomo menjelaskan, tahun 2019 pihaknya  mencanangkan sebagai tahun untuk memenuhi regulasi peraturan perundangan bidang pendidikan, hal ini setelah lahirnya 18 Permenristekdikti selama tahun 2017 -2018.

Permen terbaru yakni nomor 59 tahun 2018 tentang penyebutan gelar yang lebih spesifik.

"Ijazah itu sudah ada permen baru nomor 59 tahun 2018 itu yang terbaru kita harus menyesuaikan penyebutan gelar, sudah diatur misalnya sarjana S1 Manajemen itu SE, Sarjana Akuntansi juga SE, sekarang spesifik akuntasi ya SE Ak, yang Manajemen ya SE Manajemen, yang D3 KP itu AMD Bis, yang D3 Akuntansi AMD Ak," jelasnya. 

Permen tentang penyebutan gelar  telah ada nomenklaturnya, meski telah mengalami 2 kali penundaan dan peninjauan. Pihaknya saat ini masih melakukan konsultasi dengan LLDikti Wilayah 6 Jawa Tengah, terkait penyebutan gelar bagi lulusannya, karena perubahan yang ada harus merubah pula Sistem Akademi dan Administrasinya.

Sebanyak 407 wisudawan Perguruan Tinggi AUB, 369 wisudawan merupakan lulusan 5 Program Studi pada  STIE AUB dan 38 wisudawan sebagai lulusan 3 program studi  STMIK AUB. Dari jumlah tersebut 30 wisudawan berhasil mengantongi Sertifikat Profesi setelah dinyatakan lulus Uji Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di PT AUB.

Upacara Wisuda diwarnai pula penyerahan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik PPA kepada 30 mahasiswa dan beasiswa Bidikmisi kepada 18 mahasiswa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00