• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mensos Optimis PKH Turunkan Angka Kemiskinan

16 March
15:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) bulan Januari 2019 sudah mencapai 99,9 persen. Pemerintah, akan segera melakukan penyaluran PKH tahap kedua pada awal April, dan tahap ke tiga disalurkan pada Juli serta ke empat pada Oktober 2019.

Dijelaskannya, bantuan sosial PKH yang bergulir pada pemerintahan Jokowi ini, 2019 naik menjadi Rp.34 trilyun, yang sebelumnya Rp.19 trilyun di 2018.

“Untuk Jawa Barat tahap satunya hampir Rp.2 trilyun. Berarti kalau kali empat, hamper Rp.8 trilyun khusus untuk Jawa Barat, untuk bantuan PKH. Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang KPM terbesar, karena memang populasinya terbesar di Indonesia,”ucap Agus kepada awak media usai sosialisasi PKH di Gedung Serbaguna Kantor Desa Ciburial, Kab. Bandung Sabtu,(3/16/2019).

Agus juga mengatakan, untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), untuk Jawa Barat pemerintah mengalokasikan dana sekitar Rp. 272 milyar lebih untuk tahap satu. Sehingga dalam satu tahun pemerintah menyalurkan dana sekitar Rp.3,6 trilyun untuk program BPNT tahun 2019 di Jawa Barat.

“Kenapa dinaikan, karena ini adalah upaya pemerintah untuk mempercepat upaya kita bersama untuk memerangi kemiskinan. Dan Alhamdullilah, berdasarkan survey Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan sudah berhasil kembali kita tekan menjadi 9,66 persen di September 2018, bulan April 2018 angka kemiskinan masih diangka 9,81,”jelasnya.

Agus juga optimis dan yakin, PKH yang diluncurkan pemerintahan Jokowi mempunyai kontribusi yang substansial bagi pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dan upaya untuk memperbaiki gini ratio.

“Misi kami bukan hanya dalam rangka menyalurkan bantuan, penyerapan anggaran, tidak. Tapi ada misi-misi yang semuanya itu kalau di jabarkan adalah membantu memperbaiki gini ratio,”ujarnya.

Sementara dalam sosialisasi tersebut, selain di hadiri oleh masyarakat yangs ebagian besar merupakan ibu-ibu penerima program bantuan, juga para petugas pendamping PKH se Kabupaten Bandung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00