• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

MUI Jabar Kutuk Keras Aksi Penembakan di Selandia Baru

16 March
14:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung: Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat mengutuk keras aksi kekerasan yang terjadi di Christchurch, Selandia Baru.  MUI Jabar menilai aksi penembakan di dua masjid yang dilakukan Brenton Tarrant merupakan perbuatan yang brutal dan biadab.

“Kami prihatin dan menyayangkan peristiwa di Selandia Baru. Dan, mengajak masyarakat untuk bertindak secara proporsional dan menyerahkan proses hukum kepada aparat berwenang di sana,” ujar Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe’i, usai menggelar pertemuan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Barat, Sabtu (16/3/2019).

Syafe’i juga mengajak masyarakat untuk menjaga suasana Jabar yang telah kondusif. Masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi dengan informasi yang menyesatkan terkait aksi kekerasan tersebut.

“Masyarakat diharap tenang, dan menyerahkan seluruh proses ke aparat yang berwenang. Mari menjaga suasana yang telah kondusif seperti saat ini,” tukasnya.

Berdasarkan informasi yang beredar, pelaku menjalankan aksinya karena terinspirasi oleh game daring. Game daring tersebut sekarang ini menjadi tren bagi anak muda, termasuk di Jabar.

Saat disinggung apakah MUI Jabar akan mengeluarkan fatwa atau aturan terkait game daring tersebut, Syafe’i menyebut, hal itu harus melalui kajian terlebih dahulu.

“Harus diteliti secara tepat, apakah menimbulkan kerusakan atau memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Namun, yang namanya kekerasan mengarah ke terorisme, sama sekali tidak dapat diterima,” tegas dia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00