• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Puluhan Pemuda Mesir Ikuti Seleksi Beasiswa Darmasisea Indonesia 2019

16 March
14:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Minat pemuda Mesir untuk mendapatkan kesempatan beasiswa darmasiswa Indonesia, setiap tahunnya semakin besar.

Seperti yang terdata pada seleksi tahun ini yang diadakan oleh Pusat Kebudayaa Indonesia (PUSKIN) KBRI Kairo.

Dalam rilis yang diterima redaksi RRI, Sabtu (16/3/2019), disebutkan bahwa seleksi beasiswa darmasiswa Indonesia tahun akademik 2019/2020 tersebut dilaksanakan pada 9 Maret 2019.

Seleksi yang dilaksanakan di gedung PUSKIN, Dokki, Giza, Mesir, itu diikuti oleh 99 pemuda Mesir.

Dari jumlah tersebut, yang lolos seleksi administrasi hanya 47 orang dan yang mengikuti seleksi wawancara sejumlah 37 orang.

Mereka yang mengikuti program ini berasal dari para siswa Mesir yang sedang belajar Bahasa Indonesia di Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin), BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Universitas Al-Azhar  dan Pusat Studi Indonesia (PSI) di Universitas Canal Suez Ismailiyah. Umumnya mereka sudah cakap berbahasa Indonesia, karena setidaknya sudah berada di level 3 dari enam level pada pengajaran BIPA Mesir.

Sementara, Darmasiswa sendiri merupakan program tahunan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa negara-negara yang menggalang hubungan diplomatik dengan Indonesia, di antaranya ada Mesir, Vietnam, Timor Laste, Turki, Amerka, Jerman, Aljazair, dan lain sebagainya. Mereka akan ditempatkan di berbagai institute dan universitas di Indonesia.

Mereka akan menekuni bidang seni budaya dan bahasa Indonesia selama satu tahun. Ada 71 kampus yang akan menampung para siswa, di antaranya adalah Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Aceh, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UNMUH Surabaya) dan lain sebagainya. Mesir sendiri pada tahun lalu telah memberangkatkan 21 mahasiswa, di antaranya mereka belajar di Universitas Ahmad Dahlan, STIE Malangkucecwara, Diponegoro University (UNDIP), Semarang dan lain sebagainya. 

   

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00