• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kuatkan Wawasan Kebangsaan, Satgas TMMD 104 Mahulu Berbaur dengan Warga

16 March
12:25 2019
1 Votes (5)

KBRN, Mahulu : Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) terus berlanjut sejak dimulai tanggal 27 Februari 2019 lalu.

Kegiatan tersebut difokuskan di 2 Kampung yakni Kampung Long Melaham dan Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, atau Ibu Kota Kabupaten Mahakam Ulu yang ditargetkan berakhir pada tanggal 27 Maret mendatang.

Patauan RRI dilapangan, Sabtu (16/3/2019), meski disibukkan dengan kegiatan pembangunan fisik, namun para Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-104 Kodim 0912 Kubar juga tetap membaur bersama masyarakat sekitar.

Hal itu, seperti yang dilakukan Serda Sono dan Kopda Safi'i yang menyempatkan diri mengunjungi rumah Wahab dan Hanyeq, warga Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, dalam rangka pembinaan teritorial agar terciptanya kemanunggalan TNI bersama Rakyat guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi selain kegiatan fisik, kami juga berkesempatan untuk mengunjungai warga seperti ini, ya sekedar menyapa, berbincang sekaligus menguatkan wawasan kebangsaan warga disini, untuk menjaga keutuhan NKRI, apalagi Mahulu inikan terletak di Wilayah Perbatasan Negara. Indonesia dengan Malaysia,” katanya.

Untuk itu, Ia menyampaikan terikasih kepada Warga setempat yang sudah menerima kehadiran Prajurit TNI dalam kegiatan TMMD tersebut dengan baik, bahkan sudah seperti saudara sendiri.

“Jadi tidak ada yang istimewa karena keberadaan kami, kami membaur bersama mereka dan mereka juga sudah menganggap personel Satgas seperti bukan orang lain, layaknya seperti keluarga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kodim 0912 Kubar melaksanakan TMMD ke-104 DI Kabupaten Mahulu tahun ini, dengan kegiatan fisik seperti pembukaan lahan pertanian seluas 47,5 Hektare (He), terbagi 2 yakni 30 He di Kampung Long Melaham dan 17,5 He di Ujoh Bilang.

Kemudian membuat Kolam Ikan Air tawar sebanyak 4 unit ukuran 20x30 meter termasuk 2 kolam pemijahan masing-masing berukuran 6x8 meter. Termasuk pembukaan jalan tani sepanjang 4.000 meter, masing-masing 2.000 meter di Kampung Long Melaham dan 2.000 meter di Kampung Ujoh Biolang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00