• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Tangkal Berita Hoax Jelang Pemilu, Sat Polres Sumenep Gelar FGD

16 March
11:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sumenep : Guna menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, terutama dari berita hoax, Sat Binmas Polres Sumenep menggelar Focus Group Discussion (FGD).

“FGD digelar, dalam rangka mengantisipasi isu hoax, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pilpres dan Pileg 2019, untuk mewujudkan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) yang kondusif di wilayah Kabupaten Sumenep,” jelas Kapolres Sumenep AKBP Muslimin, Sabtu (16/3/2019).

Menurutnya, pada kondisi menjelang pelaksanaan pesta demokrasi akbar ini, situasi politik akan semakin menghangat, sehingga jika masyarakat mudah terpengaruh dengan isu hoax, maka bisa memanaskan situasi, bahkan memicu terjadinya chaos atau kekacauan.

“Oleh sebab itu, masyarakat harus cerdas dan berkepala dingin ketika menerima informasi yang semakin santer melalui media sosial, baik FB, WA dan sebagaianya. Karena dengan kemajuan Iptek saat ini, foto maupun video yang disebar bisa melalui editing terlebih dulu, dan dikhawatirkan bertuan menjatuhka nama baik seseorang,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Sumenep A Busyro Karim yang hadir dalam kegiatan tersebut juga memberi dukungan terhadap Polres Sumenep. Sebab di era digital ini, tidak ada lagi batasan bagi masyarakat untuk mengakses informasi, bahkan ke luar negeri. Sehingga penyebaran informasi sangat cepat sekali.

“Dengan mudahnya akses informasi, maka secara tidak langsung isu hoax juga semakin cepat penyebarannya. Untuik menanggulangi hal itu di mulai dari lingkungan keluarga dulu, antara ayah, ibu dan anak saling mengingatkan agar tidak dengan mudah mencerna informasi yang diterima. Akan tetapi harus lebih teliti dan mencari jujukan informasi tersebut pada media yang terpercaya,” papar Bupati.

Setelah itu, lanjut mantan Ketua DPRD Sumenep dua periode ini, bisa ditularkan ke lingkungan sekitar, agar tidak mudah mencerna informasi yang diperoleh. Focus Group Discussion (FGD) yang digelar disalah satu hotel di Kabupaten Sumenep dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FOKOPIMDA) Sumenep, tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan dari ormas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00