• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menlu RI : Pasca Serangan Penembakan, Indonesia Siap Bantu Selandia Baru

16 March
11:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Indonesia siap memberikan bantuan kepada Selandia Baru, pasca terjadinya serangan penembakan di dua masjid di kota Christchurch, Jumat (15/3/2019).

Seperti yang diunggah dalam twitter resmi menteri luar negeri RI, Retno Marsudi, Sabtu pagi (16/3/2019).

Dalam cuitannya Retno Marsudi menyatakan ia menegaskan kembali bahwa Indonesia mengutuk keras serangan teroris di kota Christchurch dan menawarkan bantuan apa saja yang dibutuhkan Selandia Baru dalam keadaan penuh duka seperti saat ini.

Retno juga menyebut bahwa pagi ini juga telah menyampaikan ucapan belasungkawa dan simpati dari rakyat Indonesia, melalui komunikasi telepon kepada menteri luar negeri Selandia Baru, Winston Peters.

Terhadap pernyataan PBB yang menyebutkan tindakan serangan penembakan di Christchurch sebagai tindakan pengecut, Retno Marsudi juga turut memberikan tanggapan bahwa Dewan Keamanan menegaskan kembali bahwa terorisme mencakup semua bentuk dan manifesto merupakan salah satu ancaman yang sangat serius bagi perdamaian dan keamanan internasional.

Sementara, 8 warga negara Indonesia (WNI) terdampak pada serangan yang terjadi di masjid Al Nour dan Linwood.

Seorang WNI atas nama Zulfirmansyah yang mengalami penembakan di masjid Linwood, masih dirawat intensif di ICU rumahsakit umum Christchurch.

Sedangkan, anak dari Zulfirmansyah yang turut menjadi korban luka tembak dirawat di ruang biasa pada rumahsakit yang sama.

Seorang WNI yang diketahui berada di masjid Al Nour hingga kini masih dinyatakan hilang.
5 WNI lainnya dinyatakan berhasil melarikan diri dan dalam kondisi selamat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00