• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau akan Segera Terealisasi

15 March
23:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Rencana pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, bakal segera terealisasi. Pasalnya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama PT Hutama Karya (HK) sebagai kontraktor pelaksana, telah melakukan penanda-tanganan perjanjian pengusahaan jalan tol ruas Bengkulu-Curup-Lubuk Linggau, bertempat di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu.

Untuk tahap pertama, rencana pembangunan jalan tol dengan total investasi mencapai Rp. 33 triliun lebih tersebut, dimulai dari Betungan Bengkulu hingga ke Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah sepanjang 17,6 kilometer.

Lalu dilanjutkan, dari Taba Penanjung-Kepahiang sepanjang 23,7 kilometer dengan 7 kilometer terowongan. Selanjutnya, Kepahiang hingga ke Lubuk Linggau sepanjang 54,5 kilometer.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono seusai menyaksikan penanda tangan tersebut di Bengkulu menyatakan, jika target dari pihak HK menuntaskan pembangunan jalan tol sepanjang 95,8 kilometer pada Maret 2021 mendatang, merupakan paling lambat, karena biasanya dalam pekerjaan bisa diselesaikan hingga waktu 4 tahun.

“Jika melihat kondisi lapangan, untuk pembangunan tahap pertama Bengkulu-Taba Penanjung disebutkan bisa dikerjakan dengan cepat, meski juga ada dibangun jembatan dengan panjang sekitar 1,6 kilometer,” katanya, Jumat, (15/3/2019) malam.

Selain itu dikatakan, untuk lebih mempermudah perealisasian di lapangan, ketika sudah dilakukan penetapan lokasi, termasuk lahannya yang sudah dibebaskan.

“Diminta kedua permasalahan tersebut, dapat bisa segera dituntaskan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Pemerintah Kabupaten dan kota yang akan dilalui jalan tol dimaksud. Sedangkan anggarannya kemungkinan besar ditanggulangi pusat,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, apabila fisik jalan tol tersebut terealisasi, Bengkulu akan memiliki konentifitas yang dengan provinsi tetangga, dan imbasnya ekonomi bisa tumbuh serta berkembang dengan baik.

“Kita yakini dengan dukungan jalan tol yang menghubungkan Bengkulu dengan provinsi tetangga, perekonomian akan bisa berkembang. Untuk diharapkan seluruh pihak mendukung rencana Pemerintah ini,” terangnya.

Senada dengan itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga berkeyakinan, melihat letak Bengkulu yang diapit 4 provinsi besar, apabila jalan tol tersebut terealisasi, perekonomian Bengkulu akan lebih meningkat dari sekarang ini.

“Untuk menjadikan Bengkulu sebagai salah satu pintu gerbang perekonomian nasional, saat ini tengah berjuang menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Lalu rencana pembangunan rel kereta api, dan menjadikan Bandara Fatmawati berstandar internasional,” tukasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00