• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

130 Offroader Jawa dan Sumatera Adu Nyali di Hutan Belantara Gunung Cikuray Garut

15 March
20:28 2019
0 Votes (0)

KBRN,Garut : 130 peserta offroader dari tiga provinsi Jawa,Sumantera dan DKI Jakarta beradu nyali dihutan belantara Gunung Cikuray Garut,dalam even "Cikuray Adventure Offroad 4x4" yang digelar dalam rangkaian Hari Jadi Garut dari mulai 15 hingga 17 maret 2019.

Sehari sebelumnya ke 130 peserta offroader amatir dan profesional teraebut melakukan seranhkaian tahapan uji kelayakan kendaraan (scruuting).

"Scruut atau uji kelayakan kendaraan termasuk fasilitas pendukungnya seperti kekuatan ketahanan  atau kapasitas wincing,dan roda  wajib dilakukan, sebelum offroader memasuki medan tempur dilokasi ekstrim,"ujar Ketua Kumpulan Jip Anak Garut (Kujang) Mustari sebagai lembaga induk otomotif lokal yang menggagas even tersebut,Jumat  (15/3/2019).

Untuk trek ekstrim sendiri, menurut pria paruh baya yang memiliki profesi sebagai kontraktor real estate teraebut terbagi dua katagori trek A dan trek B.

"Masing-masing trek memiliki tingkat tantangan yang cukup berat dan  kesulitan tersendiri sehingga dibutuhkan nyali dan ketahanan mental offroader, termasuk kelayakan fisik kendaraan yang mumpuni sesuai dengan aturan yang diberlakukan,sehingga bisa dipastikan aman bagi pengendaranya,"ujarnya.

Menurut Mustari yang harus diperhatikan juga oleh offroader,selain mental dan ketahanan fisik kendaraan adalah perbekalan logistik.

"Saat offroader mengalami kesulitan dengan mesin  kendaraannya dan terjebak ditrek ekatrim yang jauh dari perkampungan warga, mau tidak mau atau suka tidak suka apabila sulit dievakuasi olehpanitia maka tidak jarang harus bermalam atau camping dilokasi,disitulah dibutuhkan persiapan logistik,"pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00