• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bupati Blitar: Job Fair Eefektif Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan

15 March
19:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar menggelar Blitar job fair mini bagi para pencari kerja. Dengan adanya Job Fair yang digelar di halaman Kantor Disnaker, Jumat (15/3/2019) ini, diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar, Rijanto mengatakan, jumlah pengangguran di wilayahnya cukup tinggi, mencabai ribuan orang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2018, diketahui bahwa jumlah angkatan kerja 638.460 orang, pengangguran 21.508 orang dan bekerja 616.952 orang. 

"Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 3,37 persen, angka ini di bawah jumlah TPT Jawa Timur yakni 4,10 persen," ujar Rijanto di sela kegiatan Job Fair.

Ia menjelaskan, selama beberapa tahun terkahir jumlah angkatan kerja, dan pekerja terus mengalami peningkatan dan angka pengangguran semakin menurun, dan ini merupakan dampak positif diselenggarakannya job fair.

"Dengan dilakukan kegiatan ini (job fair) secara bertahap dan terus menerus, kami yakin mampu menekan angka pengangguran sekaligus menekan angka kemiskinan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar menggelar kegiatan job fair. Kegiatan yang pertama kali digelar di tahun 2019 ini menyediakan ratusan lowongan pekerjaan dan diikuti 25 perusahaan lokal. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00