• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Warga Berusia 27 Tahun di Blitar Belum Punya KTP

15 March
19:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar melakukan pelayanan perekaman e-KTP bagi  masyarakat atau warga yang berusia pemula atau berusia 17 tahun. Namun, beberapa bulan terakhir Dispendukcapil menemukan ratusan warga yang berusia produktif berbondong bondong datang ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus perekaman e-KTP. 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Anggo Takdir Hanudji mengatakan, warga yang mengurus e-KTP rata-rata mereka yang berusia produktif yakni antara usia 27 tahun hingga 37 tahun. 

"Itu artinya, mereka belum memiliki e-KTP dan merasa kesulitan mengakses layanan publik dari pemerintah maupun swasta, sehingga mereka mengurus perekaman e-KTP," ujar Anggo, Jumat (15/3/2019).

Ia menyebut, rata-rata dari mereka merupakan pekerja di luar wilayah domisili seperti di luar pulau, di luar negeri sebagai TKI, maupun TKW. "Ini merupakan fenomena baru, sebab rata-rata dari mereka ingin kembali bekerja ke luar pulau maupun luar negeri dan persyaratan utamanya adalah memiliki e-KTP," ungkapnya.

Anggo menambahkan, pihaknya memastikan pengajuan itu akan tetap dilayani secara bertahap mulai dari proses perekaman hingga proses pencetakan e-KTP. "Kami tentunya memberikan pelayanan, karena KTP menjadi kebutuhan setiap warga negara, hanya saja pengurusannya bertahap," pungkas Anggo. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00