• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BKKBN Babel Targetkan 2019 Tiap Kampung KB Miliki Rumah Data Kependudukan

15 March
18:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pangkalpinang : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan tahun 2019 ini setiap Kampung KB harus memiliki Rumah Data Kependudukan, dimana fungsi rumah data kependudukan tersebut, sebagai basis data dan informasi serta pusat intervensi pembangunan.

Kemudian selain hal itu, Kampung KB juga harus memiliki Poktan Bina Keluarga Balita (BKB),  Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan kelompok ekonomi produktif yaitu UPPKS.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Babel, Etna Estelita mengatakan, tujuan pembentukan rumah data Kependudukan untuk mendorong kebijakan kependudukan melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), serta meningkatkan tata kelola pembangunan di tingkat desa atau kampung berbasis data dengan berintegrasikan dengan data yang lainnya.

"Kalau program KB nya sudah tidak mengkhawatirkan, cuma ini masih perlu dibahas grand desaignnya, artinya desaign dari program KKBPK itu sampai 2020 - 2035 ada lima aspek, nah yang membuat itu baru empat kabupaten/kota, tiga kabupaten/kota satu aspek, kemudian satu kabupaten yang lengkap, yakni kabupaten Bangka. inilah yang diserahkan ke Gubernur, lima aspek itu, jadi jika sudah ada graind desaign artinya kita sudah bisa bekerja, arah nya itu sudah jelas dari lima aspek tersebut," jelas Etna Estelita, Jumat (15/3/2019).

Ia menambahkan, Tahun 2019 ini merupakan tahun terakhir implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Strategis (Renstra) 2015 - 2019, Sehingga memerlukan perhatian khusus baik dari pemerintah pusat maupun tingkat provinsi, dan kabupaten/kota agar dalam pelaksanaan program dapat berjalan dengan maksimal.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, berdasarkan data program Pembangunan Keluarga pada statistik rutin sampai dengan bulan desember tahun 2018, jumlah keluarga yang menjadi anggota aktif kelompok BKB sebesar 82,63 persen, Kemudian Jumlah keluarga yang menjadi anggota aktif kelompok BKR sebesar 77,93 persen, dan jumlah keluarga yang menjadi anggota aktif kelompok BKL sebesar 78,07 Persen.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00