• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

PSI Usul Ada Debat untuk Parpol Peserta Pemilu 2019

15 March
17:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Jumat (15/03/2019). Mereka datang untuk menyampaikan usulan agar KPU memfasilitasi ruang debat antar Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

"Bagaimanalah teknisnya yang bisa diatur. Sehingga masyarakat bisa menilai caleg-calegnya yang dipilih," ungkap Juru Bicara PSI, Azmi Abubakar ketika ditemui saat menyampaikan usulan tersebut.

Menurutnya hal seperti ini perlu mendapat respon cepat KPU. Pasalnya dia melihat saat ini informasi gagasan pemilu di masyarakat hanya terdengar kuat dari kandidat Peserta Pilpres, sementara untuk wakil di Parlemen nanti kurang begitu deras informasinya.

"Jadi mudah-mudahan ini bisa difasilitadi oleh KPU, Seperti yang disampaikan Ketum kami di Medan kemarin, sebetulnya itu adalah lontaran untuk berdiskusi lebih jauh," tutur Azmi.

Ketua KPU, Arief Budiman menyambut baik usulan dari PSI ini. Namun, Arief mengaku untuk saat ini aturan metode kampanye berupa debat hanya berlaku pada pasangan calon Peserta Pilpres 2019.

"Terima kasih PSI, ini idenya masih sangat segar. Saya pikir ini mengingatkan kita sebetulnya. Cuma kalo kita base on regulation, perintah atau metode kampanye dalam bentuk debat itu memang hanya untuk debat pasangan calon, selebihnya diatur tidak dalam bentuk debat memang," ungkap Arief.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00