• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Peparprov Sumut Perdana Diikuti 10 Cabor

15 March
15:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Pelaksanaan Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Sumatera Utara 2019, dipastikan akan berlangsung mulai 22 hingga 24 April mendatang. Peparprov perdana ini akan mempertandingkan 10 (sepuluh) csbnag olahraga yang dipusatkan di kota Medan dan Deliserdang.

Ketua panitia pelaksana Peparprov Sumut 2019, Mazrinal Nasution, menjelaskan kejuaraan multi event perdana bagi para atlet paralimpik di Sumut ini akan diikuti 14 kontingen Pengurus Daerah (Pengda) National Paralympic Committee (NPC) kabupaten/kota Se Sumut.

"Dasar pemikiran kita melaksanakan Peparprov memang sungguh luar biasa. Apalagi ini ajang seleksi daerah bagi atlet yang akan membela Sumut berlaga di Peparnas 2020 di Papua. Kita ingin besarkan NPC Sumut. Kapan lagi kita laksanakan Peparprov apalagi sekarang 14 pengda bisa berpartisipasi kirimkan atletnya di Peparprov," ucap Mazrinal pada rapat persiapan panitia Peparprov di kantor NPC Sumut, Jumat (15/3/2019) sore.  

Dikatakan Mazrinal, karena sebagai ajang pencarian bibit atlet potensial dari daerah - daerah, pihaknya targetkan ratusan atlet akan berpartisipasi pada Peparprov Sumut kali ini. Mazrinal berharap agar seluruh pengda NPC yang ada untuk persiapkan atletnya berlaga di Peparprov. "Tanggal 22 April peserta sudah masuk ke penginapan dan sore langsung klasifikasi. Malam hari TM untuk semua cabor," kata Mazrinal.

Sementara untuk 10 venue yang akan dipertandingkan, akan disebar di sejumlah titik. Seperti di PPLP Sumut dan STIPAP. "Venue tidak jauh dari lokasi penginapan. Kecuali atletik, judo di PPLP. Termasuk renang di Selayang. Yang lainnya itu berada di kawasan pancing. Seperti catur, tenis meja kemungkinan di STIPAP," kata Mazrinal yang juga menjabat sebagai Binpres NPC Sumut ini.

Demi memeriahkan event tersebut, Mazrinal menjamin pembukaan juga akan berlangsung meriah. Sampai saya ini, pembukaan akan berlangsung di GOR futsal Disporasu pada 23 April mendatang. 

"Pembukaan kita di GOR futsal Pancing. Kita ingin mulai opening besar dan meriah yang dilaksanakan 23 April pagi. Kemudian dilanjutkan pertandingan sampai 24 April sekaligus penutupan," kata Mazrinal.

Sementara wakil sekretaris NPC Sumut Suliadi menjelaskan, melalui Peparprov ini tentu membantu NPC Sumut lebih selektif mencari bibit - bibit atlet potensial yang pantas dan layak perkuat tim Sumut pada Peparnas 2020 Papua. Maka, bagi atlet yang saat ini telah menghuni pelatnas, tidak boleh mengikuti Peparprov tersebut. Ini dilakukan juga agar persaingan diantara nomor semakin selektif.

"Hasil Peparprov adalah untuk menuju Peparnas 2020 Papua. Makanya, ini kita jadikan ajang selekda untuk mencari atlet terbaik yang akan mewakili Sumut menuju event nasional bahkan membela timnas di event internasional," ucap Suliadi. 

Suliadi menegaskan, bagi para juara di masing - masing cabor lantas tidak otomatis bisa mewakili Sumut ke Peparnas 2020. Terutama untuk cabor terukur yang memiliki limit waktu untuk tingkat nasional. Seperti atletik, renang, dan angkat berat.

"Namun untuk sang juara belum tentu bisa lolos ke Peparnas 2020. Karena untuk sejumlah cabang olahraga terukur harus melewati limit catatan waktu di nasional pada saat Peparnas 2016 di Jawa Barat," jawab Suliadi. 

Ditambahkan Suliadi, selain ajang selekda, Peparprov NPC Sumut juga menjadi acuan atau dasar bagi pengda NPC kabupaten/ kota Se Sumut, untuk terangsang melaksanakan even di daerah di ajang Peparkot/Peparkab. Dengan banyaknya event di daerah, Suliadi optimis potensi atlet yang selama ini tidak terlihat akan terjaring. Dengan begitu harapan NPC Sumut target juara umum pada Peparnas 2024 bisa terwujud. 

"Ini juga sebagai program jangka panjang dalam membina atlet menuju Peparnas 2024. Karena kita mencanangkan juara umum," tegas Suliadi.

Adapun 10 cabor yang dipertandingkan antara lain, atletik, angkat berat, renang, catur, badminton, tenis meja, judo, goal ball, tenis lapangan, dan bocchia. Hadir para rapat panitia Peparprov sejumlah pengurus dan pelatih cabang olahraga. (Joko Saputra)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00