• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Kunjungi Desa Sindangsari, Menkeu Pantau Program Sinergi untuk Rakyat

15 March
13:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banten : Kementerian Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengunjungi Kampung Pojok, Desa Sindang Sari, Serang Banten, untuk meninjau pelaksanaan 'Program Sinergi Pemerintah untuk Kesejahteraan Rakyat. Program ini merupakan inisiasi Kementerian Keuangan bersama BUMN-BUMN dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

'Program Sinergi Pemerintah untuk Kesejahteraan Rakyat meliputi pemberian pinjaman pembiayaan Ultra Mikro (UMi), penyediaan air bersih oleh Program Nasional Penyediaan Air Minum (PAMSIMAS), dan Program Listrik Desa oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN).

"Dengan sinergi ini, program untuk memperbaiki kondisi di desa-desa dapat berjalan dengan lebih baik, dan diharapkan dapat memperkuat serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa," kata Sri Mulyani di hadapan masyarakat Desa Sindangsari, Jumat (15/3/2019).

Sinergi antar lembaga pemerintah ini, merupakan bentuk Sosial Impact Investment (SII) yaitu kombinasi antara investasi yang menimbulkan dampak sosial yang positif dengan keuntungan finansial.

Investasi sosial itu misalnya pembangunan infrastruktur berupa fasilitas air bersih dan sanitasi yang dilakukan Kementerian PUPR dan program pembiayaan UMi oleh Menteri Keuangan.

"Kami tidak hanya membangun bandara, pelabuhan atau jalan tol. Tapi juga fasilitas air bersih, sanitasi untuk masyarakat pedesaan. Ini penting, agar masyarakat pedesaan menjalankan hidup sehat, agar anak-anak mereka nantinya tumbuh sehat dan tidak mengalami stunting," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, untuk program pembiayaan ultra mikro (UMi), di provinsi Banten, dana yang telah disalurkan sebesar Rp90,5 Miliar kepada 32.538 usaha mikro.

"Sementara itu, sebesar Rp15,8 Miliar pebiayaan Umi telah disalurkan kepada 5.888 usaha mikro," jelas Menkeu.

"Sasaran pembiayaan UMi adalah masyarakat yang baru mulai usaha mikro dan membutuhkan modal kecil maksimal Rp10 juta serta belum dapat terfasilitasi oleh perbankan," sambungya.

Kabupaten Serang merupakan wilayah nomor dua setelah kabupaten Tangerang di provinsi Banten yang paling banyak menerima bantuan pembiayaan UMi.

Dalam kunjungan ke  Desa Sindangsari, Serang, Menkeu  menyempatkan diri berdialog dengan pelaku usaha yang memanfaatkan pembiayaan ultra mikro, serta panen kangkung di kebun yang dikelola bersama oleh masyarakat desa setempat. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00