• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Era Digital, Disdukcapil Di Kalsel Terapkan Tanda Tangan Elektronik

15 March
12:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kotabaru : Rapat koordinasi dan launching Tanda Tangan elektronik (TTE) dokumen kependudukan se-Kalimantan Selatan dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru.

Ketua Forum Koordinasi Dukcapil Kalsel Akhmad Fitriadi mengatakan berbagai dokumen kependudukan kini tidak perlu ditandatangani secara manual, namun cukup melalui gawai dan akan tercetak dalam bentuk kode batang (barcode).

"Semua dokumen itu harus ditandatangani kepala dinas, sementara permohonan setiap hari luar biasa banyak, kalau kepala dinasnya ada acara, itu menumpuk di kantor, tapi dengan TTE cukup dengan tablet saya ini, langsung saya klik sudah tertandatangan, "kata Akhmad Fitriadi Jumat (15/3/2019).

Layanan administrasi kependudukan telah memasuki era digital dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019, salah satunya melalui penerapan TTE.

Kasubdit Monev Direktorat Pendaftaran Penduduk Kementerian Dalam Negeri Nurdin mengatakan Disdukcapil seluruh Indonesia harus sudah memberlakukan TTE paling lambat awal Januari 2020.

"Ada 98 kabupaten dan kota yang sudah menerapkan dan kita terus mendorong daerah-daerah lainnya," ucapnya. (fit)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00