• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LUAR NEGERI

Menlu RI : Informasi Awal Terdapat 6 WNI di Masjid Al-Noor Selandia Baru Ketika Terjadi Penembakan

15 March
12:14 2019
4 Votes (3.8)

KBRN, Jakarta : Jumat (15/3/2019), telah terjadi serangan penembakan di masjid Al-Noor, di kota Christchurch, Selandia Baru.

Serangan tersebut dilakukan ketika jemaah masjid tengah melaksanakan shalat. Hingga kini belum terungkap siapa dalang dari serangan tersebut.

Ditemui di istana wakil presiden RI, Jakarta, menteri luar negeri, Retno Marsudi, mengatakan, berdasarkan informasi awal yang diterima pihaknya dari duta besar RI di Welington, bahwa terdapat 6 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di dalam masjid Al-Noor ketika terjadi penembakan.

“Jadi, informasi yang saya peroleh pada pukul 13.40 dari laporan dubes kita di Wellington waktu Selandia Baru, terjadi penmbakan di masjid Al Noor di Chistchurch di Selandia Baru. Memang penembakan terjadi saat umat Islam sedang menjalankan solat. Nah, pada saat penembakan terjadi di masjid tersebut terdapat informasi yang kita kumpulkan, sekali lagi teman-teman ini adalah informasi awal jadi mungkin akan terjdi pergerakan informasi. Informasi awal mengatakan bahwa terdapat 6 WNI yang terdapat di masjid tersebut,” ungkap Retno Marsudi ketika ditemui di istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Lebih lanjut Retno menambahkan, 3 diantaranya berhasil melarikan diri dari serangan para pelaku penembakan, namun 3 lainnya saat ini masih dalam fokus pencarian dari tim KBRI Wellington.

“3 WNI berhasil melarikan diri dan sudah bisa melakukan kontak. Kita sedang mencoba mencari 3 WNI lainnya,” jelasnya.

Retno Marsudi menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan perkembangan pasti, siapa pelaku serangan penembakan di masjid Al-Noor, di kota Christchurch tersebut.

“Begitu mendengar penembakan tersebut KBRI, sudah mengirim tim protokol dan konsuler. Jadi, tim kita sudah berada di sana mengenai siapa pelaku dan motifnya apa, sampai sekarang belum diperoleh informasi,” terang Retno.

Menurut Retno, tim KBRI Wellington masih berada di lokasi kejadian untuk mengikuti perkembangan pencarian 3 WNI yang dikabarkan berada di masjid Al-Noor ketika terjadi penembakan.

“Dan kita berdoa semoga kita bisa segera mengkontak 3 WNI. Kita masih mencari (3 WNI), karena kita belum mendapatkan informasi detail,” ujarnya.

Sementara, setidaknya terdapat sekitar 330 WNI di kota Christchurch, Selandia Baru, dengan 130 diantaranya merupakan pelajar.

Sementara, melansir NZ.HERALD.CO.NZ, disebutkan bahwa sekelompok pria menyerang masjid Al-Noor dan melakukan penembakan, dimana laporan terakhir menyebutkan sekitar 27 – 29 orang meninggal dunia.

Salah seorang pelaku telah diamankan oleh aparat kepolisian.

Sedangkan, perdana menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyebut serangan penembakan di masjid Al-Noor merupakan “Salah satu hari tergelap di Selandia Baru”.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00