• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perekaman e-KTP Terhambat, Ribuan Warga Binaan Lapas dan Rutan di Kaltim Terancam Kehilangan Hak Pilih

15 March
11:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Perekaman data KTP Elektronik bagi warga binaan di dalam Lembaga Pemasyarakat dan Rumah Tahanan di Provinsi Kalimantan Timur hingga kini baru mencapai 37 persen.  Dari total 4.378 warga binaan yang ada Dinas Kependudukan baru mampu menyelesaikan perekaman data bagi 1.742 warga binaan.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Timur Halda Arsyad, Jumat (15/3/2019) mengakui proses perekam data terkendala waktu yang singkatdan dokumen awal kependudukan warga binaan banyak yang tidak lengkap.

Padahal perekaman data untuk KTP-elektronik di Lapas dan Rutan sudah dilakukan dua kali yakni tahap I berlangsung dari tanggal 16-19 Februari 2019 dan Tahap II dari tanggal 23-24 Februari 2019.

“Yang susah ini mereka warga binaan banyak yang ngga punya dokumen kependudukan. Tidak ada KK tidak punya KTP juga jadi Kita sulit mau melakukan perekaman. Harus tahu dulu apa mereka warga asli Kaltim atau bukan”, ungkap Halda.

Banyaknya jumlah warga binaan yang belum melakukan perekaman KTP el lanjut Halda dipastikan mengancam hak pilihnya dalam Pemilu 2019 sebab KTP merupakan data awal yang diperlukan pemilih untuk bisa menyalurkan hak suara.

“Makanya Kita terus dorong Disdukcapil Kabupaten/Kota bergerak, untuk segera membantu menyelesaikan persoalan ini. Jangan sampai warga binaan kehilangan hak pilih”, tegasnya.

Warga binaan yang telah melakukan perekaman data tersebar di Lapas Narkotika Samarinda, Lapas Kelas IIA Jalan Sudirman Samarinda, Lapas Kelas IIB Tenggarong, Lapas Perempuan Kelas IIB Tenggarong, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Samarinda.

Berdasarkan update terakhir dari 1.742 warga binaan yang telah rekam data, baru 570 orang diantaranya yang menerima KTP Elektronik, 172 orang diberikan Suket (Surat Keterangan) Kependudukan, dan seribu lainnya masih dalam proses pencetakkan KTP-elekronik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00