• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Hari Konsumen Internasional, Indeks Kepuasan Konsumen di Kaltim Rendah

15 March
11:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : 15 Maret Hari ini masyarakat konsumen dunia kembali memperingati Hari Konsumen Internasional. Momentum ini dimanfaatkan Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur untuk mengevaluasi kepuasan konsumen di Bumi Etam.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Fuad Assadin kepada RRI, Jumat (15/3/3019) mengakui hingga kini masyarakat Kaltim baru pada level memahami haknya sebagai konsumen  namun hal itu terbatas pada sebagian kalangan saja dan belum menyeluruh. Terbukti Indeks Kepuasan Konsumen Kaltim masih berada dibawah nasional yakni hanya 27,24 persen. Sementara rata-rata Nasional ada di posisi 30,86 persen.

Indeks Kepuasan Konsumen yang masih rendah itu salah satunya diakibatkan minimnya kehadiran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen BPSK di Kabupaten/Kota dimana Kaltim hingga kini baru memiliki BPSK di dua daerah yakni Samarinda dan Berau.

“BPSK di Kaltim ini baru ada dua. Makanya Pemerintah Provinsi mendorong agar 8 Kabupaten/Kota lain, Pemda melalui Disperindagkopnya perlu membentuk BPSK sehingga masyarakat memiliki tempat mengadu jika menemukan haknya sebagai konsumen dilanggar”, ungkap Fuad.

Selain itu, edukasi terhadap Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun1999 menurut Fuad Assadin harus terus dilakukan sehingga konsumen Kaltim mampu menjadi konsumen cerdas yang  turut serta mengawasi kualitas produk barang dan jasa yang beredar di masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00