• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Wakil Ketua DPR: Debat Cawapres Seharusnya Natural Seperti Pertarungan Gagasan

15 March
11:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan debat cawapres seharusnya bersifat natural dan bebas mengajukan pertanyaan seperti pertarungan gagasan.

Ia menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mereduksi hak rakyat untuk mengetahui isi kepala capres dan cawapres dalam debat pilpres dengan menyiapkan pertanyaan dan bahkan membocorkan pertanyaan sebelum debat.

“Jadi di situ ada reduksi terhadap keinginan rakyat untuk mengetahui apa yang ada di dalam kepalanya kandidat, bukan kepalanya KPU atau panelis-panelisnya  atau  juga di dalam kepalanya para tenaga ahli dan staf yang diangkat oleh calon,” kata Fahri Hamzah di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Seharusnya menurut Fahri, debat pilpres ini adalah ajang bagi rakyat untuk mengetahui apa yang ada di dalam pikiran kandidat.

"Karenanya dari berbagai latar kita ingin perdebatan terjadi secara natural dan intens. Saya kritik KPU karena debat itu seperti cerdas cermat dan kelompencampir."

"Saya usulkan nggak perlu adanya pembuatan soal. Biarlah kandidat bertanya dari hulu ke hilir. Hanya menyediakan tema," terangnya.

“Menurut saya agak direduksi oleh KPU. Setelah kita kritik dikurangi, pertanyaan tidak dibocorkan, soal tetap dibuat oleh panelis,” ujar Fahri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00