• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Miris, Semua Pasien BPJS di RSUD Ciereng Subang, Harus Beli Obat di Luar Rumah Sakit

15 March
10:42 2019
3 Votes (5)

KBRN, Subang : Kelangkaan obat yang terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng Kabupaten Subang, yang selama ini dikeluhkan masyarakat, khususnya pasien BPJS pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Menurut Usep, para pasien BPJS tersebut, terpaksa harus membeli obat dari luar, dengan alasan obat di Rumah Sakit kosong.

"Akibat kekosongan beberapa jenis obat di RSUD Ciereng Kabupaten Subang, kami terpaksa harus beli obat di luar Rumah Sakit," ujar Usep kepada Wartawan di Subang, Jum'at (15/3/2019).

Usep mengatakan, pasien BPJS itu semua pembiayaan di Rumah Sakit, sudah diklaim oleh BPJS.

"Masa obat di Rumah Sakit kosong, semuanya kan sudah diklaimkan ke BPJS, percuma dong kita bayar BPJS, jika harus mengeluarkan biaya lagi," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, terkait dengan kosongnya obat di RSUD Ciereng Kabupaten Subang selama ini, karena besarnya tunggakan klaim yang belum dibayar oleh BPJS kepada pihak RSUD.

"Kita kan setiap bulan rutin membayar iuran BPJS itu, masa BPJS harus nunggak ke RSUD Ciereng, kasihan kan masyarakat, harus menjadi korban, dan harus bayar lagi ketika harus beli obat," tegas Usep.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Subang Heri, menanggapi persoalan tersebut menyatakan, pihaknya masih menunggak pembayaran klaim ke RSUD Ciereng Kabupaten Subang, namun pihaknya menolak untuk merinci jumlah tunggakan tersebut.

"Tunggakan itu baru sampai pembayaran di bulan November 2018 lalu, sedangkan untuk bulan Desember 2018 sampai dengan bulan Februari 2019," singkat Heri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00