• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Peserta Pemilu 2019 Wajib Masukkan Nama Saksi ke Bawaslu untuk Mendapatkan Bimtek

15 March
09:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Alor : Sesuai peraturan partai politik peserta pemilu 2019 wajib memasukan nama saksi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sehingga nantinya para saksi akan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Bawaslu, namun dengan adanya aturan tersebut masih banyak peserta pemilu yang enggan memasukan nama saksi untuk mendapatkan Bimtek.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Alor Orias Langmau menjelaskan, surat kepada partai politik peserta pemilu telah diberikan untuk menyiapkan saksi setiap partai politik dan caleg wajib menyiapkan saksi sebanyak 667 orang yang akan dimasukan ke bawaslu Alor dan mendapatkan bimbingan teknis.

Dikatakan belum selurah parpol memasukan nama saksi dan ada yang tidak bersedia karenanya bawaslu masih menunggu hingga pelaksanaan pelatihan pada awal April mendatang.

"Kami telah menyampaikan surat pemberitahuan juga secara lisan agar peserta pemilu memasukan nama saksi mereka, nanti setiap peserta pemilu baik parpol dan caleg masing-masing satu orang saksi, kita akan berikan pelatihan sehingga memahami proses pungut hitung," jelasnya, Jumat (15/3/2019).

Menurut Orias Langmau bimtek untuk para saksi perlu dilakukan sehingga memiliki pemahaman pengetahuan yang sama terkait dengan aturan kepemiluan dalam proses pungut hitung suara dengan materi berupa vidio selain itu para saksi juga akan diberikan buku saku.

Lanjutnya saksi yang berhak masuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya yang memiliki surat mandat dan telah mendapatkan Bimtek.

"Kami harapkan seluruh partai politik peserta pemilu hingga akhir maret secara keseluruhan memasukan nama saksi agar proses pungut hitung dapat dipahami dengan benar oleh para saksi," ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00