• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Festival Arsitektur Nusantara Jadi Ajang Transfer Ilmu Ratusan Arsitek di Indonesia

14 March
21:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Festival Arsitek Nusantara yang digelar di Banyuwangi, Kamis (14/3/2019), dihadiri arsitek-arsitek papan atas Tanah Air, seperti Andra Matin, Yori Antar, Budi Pradono, Jeffrey Budiman, dan Denny Gondo.

Kehadiran beberapa arsitek tersebut, menjadi ajang berbagi ilmu dan pengalaman dalam menerapkan rancangannya, sehingga keunikan ide desain menjadi bahasan yang hangat, bagi 300 arsitek dari berbagai daerah di Indnesia yang berkumpul di Banyuwangi.

Arsitek Yori Antar mengapresiasi keberanian Banyuwangi, yang mengadakan Festival Arsitektur Nusantara, dan ini merupakan ide pertama, sekalius sebagai awal dalam menjadikan arsitektur sebagai ujung tombak pembangunan.

“Banyuwangi membuat arsitektur tidak berjarak dengan masyarakat, arsitektur dan masyarakat menjadi generator kemajuan daerah jika bersinergi dengan baik,” ujar Yori Antar.

Sementara itu, arsitek Andra Matin mengatakan, keterlibatan arsitek pada bangunan yang didanai pemerintah akan membuatnya tidak hanya fungsional, tapi juga indah, ikonik, dan tek lekang oleh waktu.

"Sebuah bangunan juga akan mencerminkan peradaban dan sebagai tanda zaman, langkah ini mulai dilakukan Bupati Azwar Anas di Banyuwangi," ujar Andra yang mendesain terminal Bandara Banyuwangi sebagai  terminal berkonsep hijau pertama di Indonesia.

Selain mengikuti pameran karya arsitektur dan berbagai sesi diskusi, arsitek dari berbagai daerah itu diajak berkeliling mengunjungi sejumlah bangunan di Banyuwangi yang didesain para arsitek kondang Indonesia.

Festival Arsitektur Nusantara digelar berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), PT Propan Raya, dan komunitas Arsitek Muda Banyuwangi (AMB).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00