• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Danrem Teuku Umar Ajak Semua Pihak Sinergi Tanggulangi Karhutla

14 March
20:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Meulaboh: Komadan Korem 012/ Teuku Umar (TU) Kolonel Inf Aswardi mengajak semua pihak bersinergi dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk mempercepat proses penangganan bencana.

"Kita berharap kegiatan ini menjadikan kita bersatu dan kuat untuk bahu membahu dalam menyelesaikan permasalaahan kebakaran lahan dan hutan," katanya saat pembukaan workshop pengendalian karhutla, di Meulaboh, Kamis (14/3/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan workshop tersebut selama dua hari di Aceh Barat, sebagai tempat berkumpulnya seluruh stekholder terkait dalam penanggulangan bencana di wilayah pesisir barat selatan Aceh.

Danrem Aswardi, berkata, secara institusi prajurit TNI berkewajiban dalam penanggulangan bencana apapun dan dimana pun di wilayah Indonesia, TNI selalu menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana bersama intansi terkait.

"Dalam OMSP, kami lebih mengedepankan operasi teritorial. Sesuai dengan tugas pokok tersebut, maka setiap prajurit memiliki kewajiban untuk membantu dalam penanggulangan setiap bencana," sebutnya dalam pers rilis diterima wartawan.

Kolonel Inf Aswardi, menyampaikan, prajurit TNI berkewajiban membantu dalam penanggulangan bencana karena hal tersebut termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di wilayah teritorial masing - masing.

Ia menyampaikan, selama tahun 2019 sudah banyak terjadi kebakaran di wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya, sulitnya akses masuk ke lokasi kebakaran menjadi salah satu faktor menghambat percepatan proses penanganan karhutla.

Sementara itu Kepala pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek, dalam sambutannya menyampaikan, karhutla termasuk isu Internasional, sampai - sampai Indonesia disebut negara pengekspor asap oleh negara - negara tetangga.

"Apresiasi kami terhadap TNI/ Polri yang membantu dalam setiap penanggulangan bencana kebakaran. Kegiatan ini sudah sesuai dengan jadwal kalender nasional, bahwa puncak karhutla pada bulan April - Agustus 2019," sebutnya.

Kata dia, BPBA telah melaksanakan beberapa upaya sosialisasi tentang bahaya kebakaran, diantaranya dengan pemasangan spanduk, baliho dan melalui media sosial serta sosialisasi tentang tuntutan hukum atas pembakar hutan dan lahan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00