• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Kick Off Pembangunan Stadion untuk Persija

14 March
19:27 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Kabar baik bagi warga Jakarta khususnya JakMania. Hari ini, Kamis (14/3/2019) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya resmi melakukan kick off (tendangan pertama) pembangunan Jakarta International Stadium yang direncanakan akan menjadi kandang bagi klub sepak bola Persija Jakarta.

Hal ini merupakan tindak lanjut Pemprov DKI dalam mengembangkan kawasan olahraga terpadu berkelas dunia yang terletak di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan  secara simbolis melakukan Kick Off sebagai penanda akan dimulainya kegiatan pembangunan di lahan seluas 221.000 m2 itu yang diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih selama dua setengah tahun pembangunan.

“Hari ini Jakarta memulai babak baru di tempat ini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia yang pertama kali di Indonesia. InsyaAllah dalam waktu sekitar dua tahun setengah kita akan menyaksikan yang selama ini menjadi cita-cita dan mimpi menjadi kenyataan di tempat ini," ujar Anies dalam sambutannya.

Anies juga mengatakan dengan dibangunnya stadion bertaraf internasional maka haruslah diiringi dengan adab masyarakat yang sejalan.

"Kita harus bisa menunjukkan bahwa penggunanya pun memiliki adab internasional (dan) tata cara yang kelas dunia," lanjut Anies.

Sejumlah fasilitas penunjang pun akan dihadirkan pada Jakarta International Stadium yang digadang-gadang memiliki kapasitas 82.000 orang tersebut. Misalnya saja atap buka-tutup yang dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor seperti konser musik. Selain itu rencananya stadion itu juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka publik berupa Plasa yang luas yang terintegrasi dengan Taman BMW dan Danau Sunter Utara.

Desain Plasa berbetuk garis-garis yang dapat berfungsi sebagai shaf shalat, sehingga bila dibutuhkan, Plasa dapat digunakan sebagai area shalat berjamaah. Integrasi ruang terbuka publik pada area stadion dengan area Danau Sunter Utara mejadikan area stadion memiliki lokasi bagi wisata air, sehingga menciptakan suasana fasilitas olahraga yang menyatu dengan alam.

Tak hanya itu, kaum difabel juga akan terfasilitasi dengan adanya 200 tempat duduk yang disesuaikan dengan kaum disabilitas.

Untuk diketahui, kedudukan Jakarta International Stadium berada pada lokasi yang sangat strategis di wilayah Utara Jakarta yang dapat dicapai dengan menggunakan moda transportasi umum, seperti Commuterline, Transjakarta, LRT, MRT.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan bahwa proses persiapan dan pengembangan lahan proyek telah hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu 3 (tiga) pekan setelah kick off. Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasi green building (greenship) dengan target grade platinum. PT Jakpro sebagai BUMD Pelaksana Penugasan Pembangunan Jakarta International Stadium melalui Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019.

Berdasarkan informasi, pembangunan stadion BMW menelan biaya hingga Rp5 triliun. Pembangunan stadion kebanggaan JakMania itu ditargetkan selesai pada tahun 2021.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00