• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Presiden Ingin Bentuk Kementerian Baru, Kadin DKI Jakarta: Kementerian Terkait Belum Maksimal

14 March
18:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wacana Presiden Joko Widodo akan membentuk Kementerian Investasi dan Ekspor, rupanya dipandang penting oleh Kamar Dagang dan Industrsi (Kadin) DKI Jakarta. Kadin melihat ini bentuk perhatian Presiden untuk memajukan perekonomian negeri dengan kementerian yang lebih bisa fokus tidak hanya sebagai pihak terkait dengan investasi dan ekspor.

"Ini sudah concern dan kemungkinan Bapak Presiden membangun wacana itu karena dilihat kementerian-kementerian terkait ini belum maksimal berbuat sesuatu. Sehingga kita selalu kalah bersaing dengan negara-negara tetangga kita," jelas Ketua Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang dalam Dialog Pro3 RRI, Kamis (14/3/2019).

Ia juga melihat bahwa pertumbuhan ekonomi negeri ini ditopang oleh 4 sektor, seperti daya beli masyarakat atau belanja rumah tangga, investasi, ekspor, dan belanja pemerintah. Pasalnya banyak investor yang menanamkan modal di Indonesia kemudian beralih ke negara lain yang masih dalam lingkup ASEAN seperti Vietnam tentu menjadi nilai merah. 

Tidak fokus terhadap investasi dan ekspor dari setiap kementerian terkait rupanya menjadi kata kunci pembentukan kementerian baru tersebut. Sehingga diharapkan bisa lebih memangkas dari segi birokrat terkait perizinan dengan memberikan kewenangan penuh untuk kementerian tersebut dalam pengambilan keputusan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00