• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Duta Bahasa Pelajar Babel Diminta Kembangkan Semangat Literasi dan Kebahasaan

14 March
17:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pangkalpinang : Guna meningkatkan rasa memiliki dan cinta tanah air berwawasan kebangsaan, sosok pelajar dari Bangka Belitung yang berhasil menjadi duta bahasa pelajar  siap mengemban tugas selama satu tahun untuk menyebarkan semangat berliterasi dan kebahasan bersama. 

Kegiatan bersama Ikatan Duta Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu menyiapkan berbagai agenda-agenda kreatif.

"Dalam waktu dekat mereka akan melakukan pertemuan untuk membahas program kerja yang telah mereka rencanakan. Selain itu berkesempatan kembali mengikuti berbagai lomba lainnya yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kep. Babel seperti lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Berbalas Pantun, Lomba Cerdas Cermat tingkat SLTA," kata Muhammad Arinda Unigraha, pengurus Ikatan Duta Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/3/2019). 

Mereka yang dipersiapkan adalah pelajar terbaik Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Kepulauan Babel yang sudah digelar Kantor Bahasa Kepulauan Babel, yakni Ego dan Nyi Ayu Ditha dari SMA Negeri 1 Pangkalpinang, Pemenang 1 Duta Bahasa Pelajar Provinsi Babel 2019, kemudian Untuk Pemenang ke 2 diraih oleh Bintang Cahaya Putera dari SMA Negeri 1 Pangkalpinang dan Miftahul Jannah dari SMA Negeri 1 Pemali, sedangkan Pemenang 3 diraih oleh Rendi asal SMA Negeri 1 Gantung, Belitung dan Kurniati Solekah dari SMA Negeri 1 Pemali.

Dikatakan, mereka dipandang memliki bekal pengetahuan  seperti Literasi, Kebahasaan, Jurnalistik, Kepewaraan, Seni Retorika, Keterampilan/Bakat. Materi itu sebelumnya menjadi kriteria penilaian dan setelah mengikuti karantina, puncaknya mereka berkompetisi pada final di hadapan dewan juri, guru, dan orang tua mereka secara terbuka.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Babel, Drs. Yani Paryono, M.Pd mengatakan, bersyukur karena mulai tahun ini pihaknya sudah  bisa melaksanakan kegiatan itu  yang diyakinininya sebagai langkah terobosan. 

"Tujuan dari diselenggarakanya kegiatan ini ialah untuk menumbuhkan sikap positif pelajar terhadap penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik terutama di lingkungan sekolah yang ada di Bangka Belitung, jadi melalui agenda ini diharapkan para peserta mampu menjadi agen dan duta-duta untuk memartabatkan Bahasa Indonesia di negeri serumpun sebalai," jelas Yani. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00