• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

STIE AUB Surakarta Targetkan 2021 Seluruh Lulusan Miliki Sertifikat Profesi

14 March
16:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Perguruan Tinggi yang tidak mendorong lulusannya bersertifikat profesi sangat merugikan anak didiknya. Hal itu diungkapkan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa STIE AUB Surakarta Dr. Agus Utomo kepada wartawan hari ini (Kamis 14/3/2019) di ruang kerjanya, terkait persiapan Wisuda bagi 405 lulusan Perguruan Tinggi AUB.

Dikatakan, sertifikat bagi lulusan Perguruan Tinggi merupakan syarat yang telah diatur regulasi tentang Pendidikan Tinggi, sehingga sertifikat profesi yang diberikan kepada lulusan PT AUB diakuinya sebagai salah satu kepatuhannya pada undang-undang yang berlaku.

Untuk itu, seluruh aspek kegiatan pembelajaran dan akademik maupun prestasi non akademik yang dilakukan mahasiswa di Perguruan Tinggi yang dipimpinnya dalam beberapa tahun terakhir, telah disertakan pula dalam Surat Keterangan  Pendamping Ijazah, selain sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). 

Hal ini, menurutnya, juga sesuai visi dan rencana strategis STIE AUB,  yang dalam tahun 2021 mentargetkan seluruh lulusan memiliki sertifikat profesi.

"Penekanan kami sesuai visi 2021 diaharpkan seluruh lulusan itu memiliki sertifikat kompetensi yang berlaku secara global, karena Badan Nasional Sertifikasi Profesi itu mengikuti regulasi standart sertifikasi internasional, sertifikat ujub kerja menggunakan bahasa Inggris," jelasnya.

Sertifikat profesi melalui uji yang digelar  Lembaga Sertifikasi Profesi LSP di STIE AUB sejak 2017, sejauh ini belum diberikan kepada seluruh lulusan, namun saat ini mahasiswa semester 3 telah diwajibkan  mengikuti Uji Kompetensi. Dr. Agus Utomo menyatakan, bekal sertifikat profesi, menjadi pembeda kompetensi lulusan STIE AUB dari lulusan kampus lainnya, apalagi lebih dari 4000 Perguruan Tinggi di Indonesia , pihaknya merupakan salah satu dari 40 Perguruan Tinggi yang telah memiliki LSP sebagai kepanjangan tangan BNSP.

Sementara, Ketua Panitia Wisuda Qoiroeman menjelaskan 405 lulusan dari 5 Prodi di STIE AUB dan 3 Prodi pada STMIK AUB yang akan mengikuti upacara Wisuda (Sabtu 16/3/2019), 30 wisudawan di antaranya akan mendapatkan sertifikat profesi dari LSP.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00