• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Tarik Kunjungan Wisatawan, Bupati Kediri Optimalkan Sarana Publik Desa Wisata

14 March
15:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno memiliki cara khusus dalam meningkatkan angka kunjungan wisatawan di daerahnya. Salah satunya, dengan mengoptimalkan peran Desa Wisata yang sudah menyebar luas di area kerjanya.

"Perkembangan Desa Wisata di kawasan ini kian pesat. Masing-masing dari pengelola, memiliki konsep pengembangan berbeda dan ini kunci sukses mereka dalam menggaet wisatawan," kata Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, di Kabupaten Kediri, Kamis (14/3/2019).

Menurut Haryanti, dalam memajukan Desa Wisata ini maka tiap kawasan harus mampu menonjolkan potensi daerahnya masing-masing. Misalnya saja, dengan mengoptimalkan kearifan lokal yang dimiliki setiap desa.

"Sebagai contoh, Desa Wisata Medowo, selain berpotensi menghasilkan Buah Durian berkualitas, tapi juga Buah Manggis dan Susu Sapi segar yang kini digemari banyak peminat dari berbagai daerah," katanya.

Kemudian, tambah dia, langkah selanjutnya dalam meningkatkan daya tarik wisatasan, yakni dengan melengkapi sarana publik. Seperti toilet, sentra kuliner, rest area, dan mushola.

"Selain itu, juga perlu didirikan kawasan yang ramah dengan kaum difabel dan spot foto selfie yang dibutuhkan pengunjung," katanya.

Lalu upaya berikutnya, kata dia, juga perlu dipikirkan penetapan daftar harga makanan minuman di Sentra Kuliner yang ada di berbagai Desa Wisata. Bagi pengunjung, yang terpenting harga kulinernya terjangkau.

"Nah, kalau sudah seperti ini, mereka akan betah berlama-lama di Desa Wisata dan ke depan bakal kembali lagi bersama rekan maupun keluarganya. Hal terpenting pula, jaga kebersihan lingkungan dan harus selalu ramah kepada pengunjung," katanya.

Untuk diketahui, lanjut dia, kini di Kabupaten Kediri telah berkembang puluhan Desa Wisata yang memiliki banyak event wisata dan hiburan, serga berpotensi mendatangkan banyak pengunjung lokal maupun mancanegara. Mereka di antaranya, Desa Wisata Sumber Podang, Desa Wisata Jambu, dan Desa Wisata Medowo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00